Jangan Percaya Jika Terima Surat Tilang Seperti Ini

oleh -25 Dilihat
oleh

JAKARTA – Indonesia sudah menerapkan sistem tilang elektronik yakni lembaga penegak hukum lalu lintas elektronik. Fitur ini telah ada selama beberapa tahun dan dapat menangkap puluhan ribu pelanggar per bulan.

Sistem tilang ETLE menggunakan kamera canggih yang dapat melacak berbagai pelanggaran baik mobil maupun sepeda motor.

Jenis pelanggaran yang bisa didata bermacam-macam, mulai dari mengemudi melawan arus, memakai helm, memakai sabuk pengaman, menggunakan telepon saat mengemudi, hingga melanggar rambu.

Apabila ada pengguna jalan yang tertangkap tanpa melakukan pelanggaran, maka kamera akan merekam kejadian tersebut dan kemudian datanya akan dikirim ke pusat publik. Petugas kemudian akan melakukan penyelidikan sebelum pelaku dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Jika terbukti melakukan pelanggaran, petugas akan memberikan surat tilang kepada pemilik kendaraan. Proses pengiriman akan dilakukan oleh kurir PT Pos Indonesia.

Melalui INFOKUTIM.COM Otomotif dari laman Instagram TMCPoldaMetro Senin 25 September 2023 Polri mengimbau masyarakat tidak mudah percaya jika tilang dilayangkan dengan pemberitahuan singkat.

Pasalnya, pesan tersebut dikhawatirkan tidak berasal dari akun resmi Polri dan sengaja dikirimkan untuk melakukan aktivitas ilegal seperti pencurian data pribadi.

Menurut Polri, masyarakat harus waspada jika pesan yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp berisi file berekstensi APK.

Pasalnya, aplikasi semacam itu dapat mengambil kendali ponsel dan mengirimkan seluruh data yang ada di perangkat tersebut kepada peretas. Jenis data yang dikumpulkan berkisar dari informasi pribadi hingga data keuangan.

Waspada modus penipuan. Ditlantas Polda Metro Jaya tidak mengirimkan email konfirmasi tiket digital E-TLE dengan nomor WhatsApp berformat .APK dan hanya mengirimkan email pengakuan resmi melalui PT. Account Manager menulis: “Pos Indonesia sesuai dengan tujuan. alamat.”

Polri juga meminta pihak yang menerima pemberitahuan tersebut untuk memastikan apakah mereka menerima tilang tersebut langsung di situs resmi ETLE.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tidak mudah membuka file tersebut, jika mendapat rujukan sebaiknya segera melakukan pengecekan melalui website resmi ETLE,” kata pengelola akun. Buronan Pendiri Robot Dagang Viral Ledakan Ditangkap Penyidik ​​Direktorat Khusus Tindak Pidana Ekonomi (Dittipideksus) Bareskrim Polri telah menangkap Putra Wibowo, pendiri Robot Dagang Viral Ledakan yang berstatus buron. INFOKUTIM.COM.co.id 27 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *