Jelang Natal dan Tahun Baru, Dirut PLN Minta Setiap Lini Siap Siaga Selama 24 Jam

oleh -44 Dilihat
oleh

Wartawan INFOKUTIM.COM.com Endrapta Pramudhiaz melaporkan

INFOKUTIM.COM.COM, JAKARTA – Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo meminta seluruh lini di PLN bersiaga 24 jam pada masa siaga listrik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Mulai dari posko siaga produksi, transmisi, hingga distribusi, Darmavan diminta siaga 24 jam sehari.

Darmawan kemudian meminta setiap tim berkoordinasi intensif dengan pemerintah dan pemangku kepentingan daerah agar tidak terjadi kegiatan seperti pemeliharaan.

Baik proyek pemerintah maupun swasta, tidak boleh ada kegiatan yang mempengaruhi keandalan listrik.

“Ada beberapa kasus dimana proyek perluasan jalan mempengaruhi keandalan sistem ketenagalistrikan kita,” kata Darmawan di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan, Rabu (20/12/2023).

“Mohon diatur agar keandalan listrik tetap terjaga hingga Natal 2023/2024,” ujarnya.

Namun, Darmawan, jika ada kondisi yang memaksa untuk bermanuver, bisa disampaikan kepada tim untuk diperkuat.

Jika shunt berada di gardu induk besar, Darmavan ingin seluruh lini komando, seluruh spektrum tim, mulai dari hulu hingga hilir dan distribusi memahami bahwa shunt akan terjadi. “Semua orang memahami bagaimana mempersiapkan diri secara preventif.

Dikatakannya, senam ini sebaiknya dilakukan bukan pada jam 8 malam, melainkan kalau bisa pada jam 3 pagi saat orang sedang tidur.

“Kami siap manuver ini bisa berdampak satu, dua, dan tiga. Kita tunggu bagaimana kita bisa mengatasinya,” kata Darmavan.

Oleh karena itu, dia menegaskan, seluruh lini operasi dikelola sedemikian rupa sehingga tidak ada pemeliharaan dan manipulasi kelistrikan yang dapat membahayakan hasil operasional.

Namun, jika terjadi keadaan darurat, Anda akan menerima catatan untuk melaporkan kenaikan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *