Journal Contributor, Inovasi Metode Bimbingan Penelitian Medis

oleh -26 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM.COM, JAKARTA – Tidak hanya memeriksa, meresepkan, dan memberikan obat, dokter juga dituntut untuk berinteraksi dengan berbagai faktor terkait timbulnya penyakit dan dampak penyakit terhadap pasien.

Seiring kemajuan teknologi, dokter semakin menuntut praktik berbasis bukti untuk mendukung perawatan dan layanan pasien yang baik.

Praktik berbasis bukti didefinisikan sebagai praktik kedokteran yang cermat dan penggunaan bukti terbaik dan terkini untuk mengembangkan rencana guna meningkatkan kesehatan pasien.

Penelitian di bidang kedokteran meliputi penelitian yang berfokus pada masalah kesehatan di berbagai bidang dengan tujuan untuk mengembangkan obat atau prosedur medis baru dan meningkatkan penerapan terapi yang sudah ada.

Penelitian kedokteran sangat penting untuk dilakukan, karena penelitian kedokteran berperan sebagai jaminan keakuratan, kelayakan, validitas, dan keberlanjutan sistem kesehatan nasional.

Sebagai seorang mahasiswa, seorang dokter harus mulai meningkatkan kemampuan penelitiannya.

Sebab, keterampilan meneliti tidak bisa diperoleh dengan serta-merta dan harus melalui proses pelatihan dan bimbingan yang berulang-ulang.

Medhub Academy adalah akademi penelitian terkemuka yang bergerak di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan, berkomitmen untuk meningkatkan peluang penerbitan dokter di Indonesia, khususnya dokter umum dan mahasiswa kedokteran.

Didirikan pada awal tahun 2023, Medhub Academy yang didirikan oleh Dr. Louis Rianto sebagai pendiri dan Dr. Maureen Miracle Stella, sebagai salah satu pendiri, bersama banyak penulis menerapkan metode Kontributor Jurnal ke dalam kurikulumnya.

“Medhub Academy didirikan dengan visi dan misi untuk membantu rekan-rekan kita di bidang kedokteran dan kesehatan untuk membantu mereka memahami surat-surat dan publikasi ilmiah, dan dengan ini kita dapat membangun dunia penelitian Indonesia lebih tinggi lagi,” ujar Dr. Louis. dalam sebuah pernyataan. diterima, Sabtu (8 Desember 2023).

Rekan Medhub Academy diketahui telah mempublikasikan penelitiannya di jurnal nasional dan internasional.

Di antara instruktur yang berkontribusi terhadap kesuksesan Akademi Medhub adalah Dr. Annisa Dewi Nugrahani (Universitas Padjadjaran), Dr. Athaya Febriantyo Purnomo (Universitas Brawijaya; Universitas Oxford), Dr. Kelvin (Universitas Tarumanagara), Ayers Gilbert Ivano Kalaij, S.Ked (Universitas Indonesia), Dr. Gilbert Lazarus (Universitas Indonesia), Dr. Tungki Pratama Umar (Universitas Sriwijaya; University College London) dan Dr Nurul Fatima (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

“Kami merekrut mentor-mentor yang tidak hanya memandu semangat penelitian di kalangan tenaga kesehatan, namun juga menginspirasi semangat penelitian. Bersama-sama, kita akan menciptakan generasi dokter yang tidak hanya berkompeten secara klinis, namun juga kompetitif dalam mendorong inovasi dunia medis di Indonesia. ,” kata Dr. Maureen.

Medhub Academy aktif memberikan pendidikan penelitian di media sosial.

Baru-baru ini Dr. Kevin Tandarto (dokter peneliti dan reviewer artikel di berbagai jurnal) diundang sebagai fasilitator di kelas sakunya yang menjelaskan tentang manfaat penelitian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *