Jumbara ke V Dikuti 750 Anggota PMR Sekutim, Bertujuan Untuk Mengevaluasi Kegiatan Pembinaan Serta Pengembangan SDM Relawan

oleh -86 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

Sangatta, Jumbara ke V Dikuti 750 Anggota PMR Sekutim, Bertujuan Untuk Mengevaluasi Kegiatan Pembinaan Serta Pengembangan SDM Relawan – Keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat, serta mempererat persahabatan nasional dan internasional merupakan tiga poin Tri Bhakti Palang Merah Remaja (PMR). Jum’at (16/12/22)

PMR merupakan sebagai wadah pembinaan anggota remaja Palang Merah Indonesia (PMI) diharapkan dapat turut serta mendukung terwujudnya generasi emas 2045.

Jumbara ke V PMR Kab. Kutim dilaksanakan di Bukit Pandang, sekaligus untuk memperkenalkan komplek perkantoran bukit pelangi. Selain pelatihan dan pendidikan juga digelar kegiatan lomba-lomba terkait kepalangmerahan serta kegiatan bakti sosial di masyarakat, yang merupakan pengejawantahan dari prinsip-prinsip PMI dan Bulan Sabit Internasional serta Tri Bakti di masyarakat.

Selain bakti sosial dan lomba, pada Jumbara ke V juga menghadirkan pentas seni budaya, olahraga persahabatan, yang dirangkai dengan acara gembira.

Kepala markas PMI Kab. Kutim Wilhelmus Wiodoi saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan Jumbara ke V menyebutkan, Jumbara merupakan sebuah kegiatan jumpa bakti gembira yang dilaksanakan berdasarkan kurikulum dan silabus PMI dari tingkat pusat sampai ke tingkat kecamatan.

Salah satu kegiatan Jumbara ke V berupa cerdas cermat

Selain itu Ewil sapaan akrabnya menjelaskan Hal tersebut dilakukan dalam rangka evaluasi kegiatan pembinaan relawan serta sumberdaya manusia, yang berkaitan pendidikan dan pelatihan yang selama ini diberikan oleh PMI melalui pelatih-pelatih yang ditunjuk.

“Pelatihan-pelatihan tersebut merupakan pelatihan kepalangmerahan, tentang pertolongan pertama, perawatan keluarga, pelatihan pertolongan kebencanaan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kepalangmerahan” Ujar Ewil

Menurutnya hal tersebut dilakukan dalam rangka menggali potensi dan mengembangkan serta menanamkan rasa kepedulian anggota PMR dari sejak dini yang diharapkan kelak mereka bisa peduli dengan kemanusiaan.

“Kegiatan Jumbara sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tingkatan Palang Merah di semua tempat, termasuk di Kab. Kutai Timur, dan hal ini merupakan Jumbara yang ke V, hal ini biasa dilakukan untuk tingkat kabupaten dua atau tiga tahun sekali “jelasnya

Lebih lanjut Ewil juga memaparkan selanjutnya nanti akan diutus untuk tingkat provinsi yang dilaksanakan kurang lebih dua sampai tiga tahun. Selain itu anggota PMR akan mengikuti kegiatan Jumbara tingkat nasional yang menjadi puncak pertemuan kegiatan Jumbara untuk semua tingkatan.

Pagelaran pentas seni budaya oleh peserta Jumbara ke V

“Nah untuk itu di Indonesia sendiri Jumbara Nasional akan dilaksanakan pada bulan Juli 2023 di Kota Lampung, dan mereka diseleksi di Kab. Kutim serta mewakili Provinsi Kaltim untuk menjadi Jumbara Nasional” Papar Ewil.

Jumbara ke V Dikuti 750 Anggota PMR Sekutim, Bertujuan Untuk Mengevaluasi Kegiatan Pembinaan Serta Pengembangan SDM Relawan

Selain itu kegiatan Jumbara wajib untuk diikuti oleh setiap peserta PMR dan sekolah yang memiliki ekstrakurikuler kepalangmerahan

“Kamin sangat berterima kasih kepada sekolah-sekolah di Kutim untuk kami kembangkan kepalangmerahan, namun ada beberapa sekolah yang tidak bisa mengikuti karena ada yang terbentur dengan ujian dan hal teknis lainya sehingga tidak bisa ikut pada kegiatan Jumbara ini ” Pungkasnya

Adapun total peserta peserta Jumbara ke V sebanyak 750 siswa dimana sebanyak 25 sekolah mengirimkan 30 peserta. Kegiatan PMR digelar selam lima hari dari 13 sampai dengan 18 Desember 2022, yang rencananya akan ditutup langsung oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang juga selalu Ketua PMI Kab. Kutai Timur.

Post Views: 32

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *