Kadar Asam Urat Tinggi Sebabkan Penyumbatan di Pembuluh Darah hingga Penyakit Jantung?

oleh -38 Dilihat
oleh

Jakarta – Asam urat merupakan produk pemecahan akibat pemecahan purin. Purin adalah zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh dan makanan. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal, maka dapat memicu penyakit asam urat atau asam urat.

Asam urat dapat menyebabkan nyeri sendi akibat penumpukan kristal asam urat. Kadar asam urat yang tinggi diketahui menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Salah satunya bisa memicu penyumbatan pembuluh darah, apalagi jika kadar asam urat dalam tubuh mencapai 7,5 mg/dL.

Apakah ini benar? Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Dr. Melissa Aziz, SPJP angkat bicara. Ada beberapa penelitian yang membuktikan hal tersebut, ujarnya.

“Masih abu-abu, namun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kadar asam urat dalam tubuh secara tidak langsung menyebabkan penyakit yang meningkatkan risiko penyakit jantung koroner, seperti hipertensi,” ujarnya dalam program Hidup Sehat TvOne. . Program, Kamis 4 Januari 2024

Secara teori, asam urat bisa menyebabkan peradangan pada tubuh kita, kata Melissa.

“Secara tidak langsung, ini tandanya ada peradangan pada pembuluh jantung. Tapi perlu dilihat apakah ada faktor risiko lain. Tidak langsung, tapi berkaitan,” jelasnya.

Sementara itu, dikaitkan dengan faktor risiko asam urat yang dapat memicu penyakit jantung. Melissa mengatakan, faktor risiko kejadian ini bisa jadi seseorang berisiko terkena asam urat, serta tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

“Faktor risiko penyakit jantung koroner bervariasi, ada faktor yang dapat dimodifikasi dan ada pula faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Penyakit seperti darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi dalam tubuh dan merokok bisa diperbaiki,” ujarnya.

Melissa menambahkan, “Faktor lain seperti usia dan jenis kelamin, yang tidak bisa diperbaiki jika kita memiliki beberapa risiko, dan kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan peradangan pada dinding pembuluh darah jantung,” jelasnya. Berikutnya. Risiko Tinggi Asam Urat Dua Kali Lipat Risiko Penyakit Jantung Koroner, Benarkah? Asam urat adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, pembengkakan dan gejala terbakar di area persendian. Apakah mempengaruhi jantung INFOKUTIM.COM.co.id 4 Jan 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *