Kaki Diurut Saat Cedera Bisa Bikin Peradangan Makin Parah

oleh -27 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Cedera kaki yang bisa menyebabkan bengkak hingga membiru bisa sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Hal ini karena pecahnya pembuluh darah di area yang terkena dapat menyebabkan gejala yang lebih serius jika tidak ditangani.

Dokter spesialis ortopedi dan trauma RS Eka Permata Hijau Andi Praja Weera Yudha Lutfi mengatakan, jika terjadi cedera pada kaki, terutama pergelangan kaki, sebaiknya segera dipijat jika bengkak, karena akan memperparah peradangan. .

“Pembengkakan adalah proses normal. Pembengkakan dan nyeri adalah tanda-tanda peradangan. “Tidak apa-apa jika mengalami cedera,” kata Vera.

Proses pembengkakan atau kerusakan ini akan mulai membaik secara alami dalam waktu dua hingga tiga hari. Saat pembengkakan mulai mereda, warna kulit kebiruan berubah menjadi merah, kuning, dan kembali ke warna kulit normal.

Oleh karena itu, dari sudut pandang medis, pijat tidak dianjurkan. Adalah mitos bahwa Anda perlu mengobati keseleo dengan cepat untuk menghilangkan pembengkakan, yang justru memperburuk peradangan. – Jangan memperparah proses peradangan, – kata Vira.

Logikanya, lanjut Weera, pembuluh darah pecah saat terjadi peradangan. Selain itu, mereka khawatir proses pemijatan akan menekan area peradangan.

Selain itu, bagaimana jika Anda mengalami cedera pada kaki yang menyebabkan pembengkakan atau peradangan? Vera menyarankan untuk mengompresnya dengan es.

“Pertama, biarkan kaki yang cedera diistirahatkan, lalu cari es dan kompres kaki yang cedera dengan es,” kata Vera.

Toh, dengan bantuan kompres es, pembuluh darah yang pecah di area yang rusak bisa dikurangi. Dengan demikian, kompresi menekan pembengkakan.

Kemudian balut lukanya dengan perban elastis. Biasanya berwarna coklat. Namun, jangan terlalu ketat atau terlalu longgar, cukup berikan tekanan pada area yang rusak. Terakhir, angkat kaki Anda yang sakit. Baik itu saat beraktivitas, istirahat maupun tidur.

“Dalam beberapa kasus, cedera pergelangan kaki dapat diobati di rumah dengan menggunakan teknik pereda nyeri ini. “Lesi dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu, dan jika lesi sembuh dengan baik, namun jika pengobatan rumahan tidak berhasil, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat,” kata Weera.

Berbagai faktor dapat menyebabkan cedera kaki. Hal ini mungkin disebabkan oleh tekanan berlebihan pada kaki, yang menyebabkan postur tubuh yang salah saat berolahraga.

Ternyata pemilihan sepatu atau boots yang tepat juga berpengaruh terhadap perlindungan kaki dari kemungkinan cedera. Ganti sepatu Anda secara teratur untuk mencegah keausan yang mengurangi efektivitas penyangga.

“Sesuaikan intensitas latihan Anda, hindari latihan berlebihan dengan memberikan waktu yang cukup untuk pemulihan di antara latihan. Jaga keseimbangan antara olahraga intens dan istirahat,” ujarnya.

Lalu, jika Anda hobi lari, Wira menyarankan agar Anda fokus pada teknik berlari. Perhatikan postur tubuh yang benar saat berlari, termasuk penempatan kaki, lutut, dan pinggul. Hal ini mengurangi tekanan pada kaki dan mencegah cedera.

Perhatikan permukaan jalan saat Anda menjalankan bisnis sehari-hari. Pilihlah jenis treadmill yang bervariasi untuk menghindari beban berlebih pada satu jenis permukaan. Jangan terlalu sering berlari di jalan yang kasar.

Ingatlah untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *