Kaya Manfaat, Jangan Keliru Susu Kental Manis Bukan Susu!

oleh -123 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM.COM – Masih menganggap susu kental manis bukanlah susu?Susu kental manis memiliki rasa yang manis sehingga dapat menimbulkan anggapan keliru bahwa itu bukan susu. Namun perlu diingat bahwa bahan pelengkap ini selain rasanya yang manis juga memiliki banyak manfaat nutrisi yang berharga.

Lalu apa sebenarnya fakta susu kental manis bebas susu? Perlu diketahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memastikan bahwa susu kental manis termasuk dalam kategori produk susu. Pernyataan tersebut didukung dengan Peraturan Direktur Jenderal Badan Pengawas Obat dan Makanan (Perka BPOM) Nomor 21 Tahun 2016 dan pedoman Codex Alimentarius Commission (CAC).

Menurut BPOM, susu kental manis merupakan produk susu yang telah melalui proses pengolahan dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepadatan tertentu. Dengan kata lain, anggapan bahwa susu kental manis bukanlah susu adalah tidak tepat. Pasalnya, bahan serbaguna ini sebenarnya merupakan produk susu yang aman dikonsumsi.

Manfaat susu kental manis juga terletak pada kandungannya yang membantu memenuhi kebutuhan kalori harian Anda, terutama jika digunakan sebagai bahan pelengkap menu sarapan Anda atau keluarga. Itu karena setiap bungkus susu kental manis mengandung sekitar 130 kkal kalori serta mengandung zat gizi makro dan mikro.

Namun, penting untuk diingat bahwa produk susu bukanlah satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi.

Oleh karena itu, mengonsumsi susu kental manis dengan bijak adalah kunci untuk merasakan kandungan dan manfaat susu kental manis terbaik. Berikut beberapa cara untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu kental manis. Anggapan bahwa susu kental manis bukanlah susu sapi tidaklah tepat. Pasalnya, bahan serbaguna ini sebenarnya merupakan produk susu yang aman dikonsumsi.

1) Makan makanan seimbang dengan makanan bergizi

Jika Anda mengonsumsi susu kental manis, sebaiknya dikonsumsi bersama makanan bergizi lainnya. Anda bisa mengonsumsi produk susu ini dengan makanan seperti buah segar, granola, dan oatmeal untuk keseimbangan nutrisi. Kombinasi ini tak hanya nikmat, tapi juga memastikan tubuh Anda mendapat nutrisi seimbang, terutama sebelum memulai aktivitas pagi hari.

2) Digunakan sebagai topping makanan dan minuman.

Susu kental manis cocok dijadikan topping pada berbagai makanan dan minuman. Misalnya, kopi dan teh tersedia sebagai minuman saat sarapan. Atau tambahkan bahan serbaguna ini sebagai topping pada roti sarapan atau pancake yang lezat untuk menciptakan variasi rasa yang menarik.

3) Konsumsi secukupnya

Makanan berlebih tentu tidak baik untuk tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi susu kental manis dalam jumlah yang tepat agar tidak melebihi asupan kalori harian Anda. Sebaiknya hindari menambahkan gula pada makanan dan minuman yang ingin dimaniskan dengan susu kental manis.

4) Imbangi dengan pola hidup sehat

Yang tak kalah penting adalah memastikan asupan susu kental manis Anda sesuai dengan gaya hidup sehat. Anda bisa berolahraga secara teratur dan makan makanan seimbang. Pola makan yang seimbang dan masuk akal akan membantu Anda menikmati rasa manis dengan cara yang benar, dan tubuh Anda akan mendapatkan manfaat maksimal tanpa berlebihan.

5) Sebagai bahan tambahan pada saat membuat resep

Bukan rahasia lagi kalau susu kental manis bisa menjadi bahan tambahan yang menarik dalam kreasi resep, termasuk dalam kreasi resep sarapan sehari-hari, misalnya jika dicampurkan ke dalam adonan kue atau roti.

Berkreasilah dan tambahkan susu kental manis untuk menciptakan sajian sarapan yang lezat, bergizi, berenergi, dan bahkan unik.

Salah satu menu sarapan bergizi, praktis, dan unik yang dibuat dengan menggunakan susu kental manis adalah roti mentaiko. Cukup unik bukan? Mau mencobanya? Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Resep Menu Sarapan Roti Mentaiko Segar Resep Menu Sarapan Roti Mentaiko Segar

Bahan:

・2 potong roti ・Telur rebus ・1 sendok makan mayones ・1 sendok makan saus sambal ・1 sendok makan susu kental manis ・Lada secukupnya ・Pesley cincang untuk taburan

Cara untuk mengeksekusi:

– Panggang roti tawar hingga kecoklatan. Sisihkan – haluskan telur rebus dengan garpu – tambahkan mayonaise, sambal, susu kental manis dan merica. Aduk rata – ambil roti panggang dan oleskan campuran telur di atasnya. Kemudian panggang dalam oven selama 2 hingga 5 menit. – Sajikan dengan taburan daun peterseli cincang. Roti jenis roti bakar mentai kini sudah siap.

Selain resep roti tawar mentaiko, Anda juga bisa mencoba menu sarapan yang sebagian besar menggunakan susu kental manis. Tambahkan beberapa bahan alami dengan efek kaya dalam jumlah yang tepat. OKE!

Susu kental manis, bahan serbaguna yang dipercaya turun temurun.

Susu kental manis telah lama dianggap sebagai bahan serbaguna yang meningkatkan rasa. Dari generasi ke generasi, produk ini telah menemani keluarga di seluruh dunia dalam berbagai momen kuliner yang menyenangkan.

Menariknya, penemuan produk susu ini dimulai pada tanggal 31 Januari 1851, ketika seorang pria Amerika bernama Gail Borden memperkenalkan alat yang disebut panci vakum. Alat ciptaannya terbukti mampu mengentalkan susu dan siap dikonsumsi dalam berbagai kondisi.

Dengan menggunakan panci khusus ini, Borden merebus susu pada suhu lebih dari 100 derajat Celcius, sehingga menghasilkan konsistensi lezat yang dapat dinikmati dalam waktu lama.

Seiring berjalannya waktu, susu kental manis kini tersedia untuk dinikmati semua orang dan semakin populer sebagai bagian dari berbagai hidangan sarapan.

Selain itu, bahan pangan serbaguna ini juga praktis dan ekonomis karena harganya terjangkau, mudah didapat di berbagai tempat, dan tersedia dalam kemasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kaleng, tas, dan sachet.

Sebagai kehati-hatian, selalu pastikan kemasan produk yang ingin Anda beli dalam kondisi aman dan bebas bocor agar Anda dan keluarga dapat menikmati manfaat susu kental manis secara maksimal. Selain itu, pastikan untuk memeriksa informasi di tabel sebelum membeli, dan memeriksa tanggal kedaluwarsa produk serta izin edar.

Ingatlah selalu untuk mengonsumsi susu kental manis secara bijak sebagai bahan pelengkap yang kaya akan manfaat dalam kreasi berbagai menu sarapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *