Kemenag Luncurkan Pegon Virtual Keyboard, Mudah dan Praktis

oleh -35 Dilihat
oleh

Jakarta – Persiapan Aksara Pegon Virtual Keyboard (Pegon Virtual Keyboard) sudah final. Inovasi ini akan dirilis oleh Komite Pesantren dan Pendidikan Anak Usia Dini pada 6 Januari 2024, dalam rangka Hari Amal Amal (HAB) Kementerian Agama ke-78.

Waryono, Plt Direktur PD Pontren, mengatakan seluruh persiapan teknis terkait virtual keyboard Pegon kini telah selesai. Alhamdulillah mulai hari ini Pegon Virtual Keyboard atau Pegon Virtual Keyboard sudah siap dipasang, kata Waryono di Jakarta, Sabtu, 23 Desember 2023.

Masyarakat dapat menggunakan keyboard virtual Pegon setelah peluncuran resminya. Pria asal Cirebon ini mengatakan, pembelian virtual keyboard Pegon ini merupakan amanah Kongres Literasi Pegon pertama yang akan digelar pada tahun 2022.

“Salah satu hasil kesepakatan Kongres Aksara Pegon tahun 2022 menugaskan Kementerian Agama untuk mengawal tetap penggunaan aksara Pegon di pesantren, madrasah, dan pesantren,” lanjutnya.

Dengan adanya Pegon Virtual Keyboard, Waryono berharap masyarakat luas dapat mengakses kekayaan warisan budaya kepulauan ini melalui perangkat digital. Ini termasuk ponsel pintar, laptop, dll. Ia mengatakan ini adalah bagian dari cara Pigon Script menjaga kelangsungan hidupnya.

“Kedepannya masyarakat luas dapat menjadikan Pegon sebagai karakter alternatif yang bisa dipilih saat menulis di perangkat digital. Baik untuk komunikasi sehari-hari maupun menyampaikan pendapat,” tutupnya. Universitas Aisyah Prinsewu selenggarakan workshop literasi digital. Literasi digital memungkinkan mahasiswa mencari informasi dan informasi dari berbagai media. Memudahkan lingkungan belajar INFOKUTIM.COM.co.id 18 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *