Kemendikbud Percepat Penyaluran BOSP demi Pembelajaran Berkualitas

oleh -32 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Departemen Umum Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Praptono mengatakan pihaknya sedang mempercepat penyaluran Dana Operasional Sekolah (BOSP) tahun 2024. untuk mencapai Dapatkan pembelajaran yang lebih baik.

“Ada dua alasan kami terus berupaya menyalurkan dana BOSP dengan mengutamakan dukungan pada satuan pendidikan. “Ini dua alasan utamanya,” ujarnya saat peresmian penggalangan dana BOSP 2024 di Jakarta, Rabu (17/1/2024).

Pemerintah sendiri telah menganggarkan dana Rp 57,54 triliun untuk BOSP 2024 yang akan menyediakan 419.218 satuan pendidikan dalam dua tahap, tahap pertama Januari hingga Juni dan tahap kedua Juli hingga Oktober.

Di sisi lain, kata dia, penyaluran dana BOSP tahun ini tahap pertama akan dilakukan pada Januari untuk 402.831 satuan pendidikan atau mencakup 96 persen dari seluruh penerima. Sedangkan tahun lalu baru dimulai pada bulan Februari.

Praptono mengatakan dengan adanya penyaluran awal ini, diharapkan aktivitas normal satuan pendidikan dapat segera terlaksana, sehingga warga sekolah dapat mendorong pengenalan pembelajaran yang lebih baik kepada siswa.

Selain itu, kata dia, melalui alokasi awal, kemungkinan permasalahan keuangan yang menjadi beban kepala sekolah dan pengelola sekolah dalam memenuhi kebutuhan sekolah akan berkurang. “(Penyaluran BOSP) ini kami mulai pada minggu kedua bulan Januari dan kami berharap tahap pertama bisa menjangkau ratusan ribu satuan pendidikan di awal tahun,” kata Praptono.

Ia menambahkan, percepatan penyaluran BOSP juga merupakan kegiatan Kemendikbud untuk melakukan perubahan pendidikan, sehingga diharapkan satuan pendidikan dapat dimanfaatkan dengan cepat dan benar.

“Kemendikbud semakin meningkatkan komitmennya dalam mendukung institusi pendidikan, yakni dengan menyalurkan dana BOSP 2024 dengan alokasi tercepat agar dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *