Kena DBD, Hari ke Berapa yang Paling Kritis?

oleh -44 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Masyarakat harus mewaspadai stadium parah pasien demam berdarah dengue (DBD). Tahap berbahaya ini terjadi pada hari ketiga hingga keenam infeksi.

Dalam pengarahan media online yang diadakan pada hari Selasa tentang penanganan demam berdarah dengue, pakar penyakit dalam Soroy Lardo mengatakan: ‘Tahap ini adalah poin penting, angka kematiannya tinggi.

Pada acara yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, Dr Soroy menjelaskan tiga stadium klinis demam berdarah. Selama fase pertama, satu hingga tiga hari pertama infeksi, jumlah virus dalam tubuh tinggi dan kekentalan darah meningkat seiring dengan dehidrasi.

Dr. Soroy mengatakan pada tahap pertama, pasien demam berdarah harus terhidrasi dengan baik. Penting untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi.

Tahap kedua, yaitu hari ketiga hingga keenam infeksi, merupakan tahap kritis. Komplikasi seperti syok, pendarahan dan kerusakan organ, serta rendahnya jumlah trombosit darah, dapat terjadi pada tahap ini.

Dokter Soroy mengatakan, pada tahap kedua, angka kematian pasien DBD relatif tinggi. Perawatan yang baik pada tahap ini adalah kunci untuk mencegah komplikasi serius yang bisa berakibat fatal.

Sedangkan fase ketiga adalah fase pemulihan. Pada tahap ini, pasien biasanya disarankan untuk istirahat.

“Jadi biasanya saya sarankan istirahat lima hari karena sisa virus masih ada dan setelah tiga minggu pasien kadang masih dalam kondisi lemah,” kata Soroy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *