Komunitas Informasi Masyarakat Punya Peranan Penting Membantu Pemerintah Dalam Mengedukasi Masyarakat

oleh -52 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

Malang. Komunitas Informasi Masyarakat Punya Peranan Penting Membantu Pemerintah Dalam Mengedukasi Masyarakat – Kemajuan era transformasi digital, menyebabkan terjadinya pergeseran opini publik. Jika dulu opini publik berawal dari agenda setting media massa. Namun saat ini justru sebaliknya. Opini publik dapat terbentuk dari masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Kadiskominfo Kaltim, Muhammad Faisal dalam sambutannya saat membuka Workshop Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Batu, Jawa Timur pada Senin (8/5/2023) pagi.

Perubahan alur berkembangnya opini publik ini, tak lepas dari pesatnya kemajuan teknologi informasi. Terutama perkembangan arus media sosial. Menurutnya dari perubahan alur opini publik inilah, perlu adanya perubahan strategi pengelolaan informasi. Salah satunya dengan memperkuat peran Komunitas Informasi Masyarakat.

“Sekarang isu bisa diciptakan siapa saja dan dapat menjadi opini publik. Isu bisa ditimbulkan oleh personal atau kelompok masyarakat. Inilah mengapa, peran KIM harus kita perkuat,” kata Faisal di hadapan para peserta workshop dari kabupaten/kota se Kaltim.

Dengan aktifnya komunitas informasi masyarakat, diharapkan dapat tercipta komunikasi interaktif antara publik dengan pemerintah. Penyampaian informasi maupun program kerja dari pemerintah tidak hanya berjalan searah. Namun berjalan dua arah dengan respon aktif dari masyarakat.

“Karena kita ini sudah masuk ke era interactive communication. Era tulisan, mesin cetak, sudah lewat. Counter isu satu arah percuma. Masyarakat harus aktif interaksi dengan kita. Maka dibentuklah KIM ini,” ujar mantan Pejabat Pemkot Samarinda ini.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Kehumasan Lisa Kuminten menyebut penyampaian informasi-informasi yang positif kepada masyarakat, dimana KIM mempunyai peranan penting dalam mendukung Pemerintahan dalam mengedukasi masyarakat.

“Dengan adanya Workshop ini kita berharap bisa saling berkolaborasi serta meningkatkan kinerja kami dalam pengelolaan KIM di Kutim,” ujarnya.

Komunitas Informasi Masyarakat Punya Peranan Penting Membantu Pemerintah Dalam Mengedukasi Masyarakat

Adapun KIM yang dimaksud Lisa adalah kelompok masyarakat yang memiliki aktivitas dalam mengelola informasi di tengah – tengah masyarakat.

“KIM bisa disebut salah satu lembaga yang memfasilitasi akses informasi di lingkungan masyarakat lokal dan KIM lewat media sosial contohnya ,” kata Lisa.

Post Views: 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *