Kutim Akan Bangun Terminal Tipe C

oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA – Di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hanya ada Terminal tipe B yang dinaungi oleh Provinsi Kaltim, namun fi kabupaten ini belum memiliki Terminal Tipe C. Padahal keberadaannya sangatlah penting, mengingat di Kota Sangatta terdapat banyak angkutan umum (Angkot), yang akhirnya parkir di jalan raya, yakni sekitar Jalan Yos Sudarso 1 Sangatta Lama.

Akan hal ini, pemerintah Kutim sangat mendukung adanya pembangunan Terminal C yang telah diusulkan dalam APBD 2023.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kutim, Joko Suripto menyebut pihaknya telah mengajukan tiga program prioritas, yakni percepatan Pelabuhan Kenyamukan, Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) serta terminal tipe c untuk APBD tahun depan.

“Terminal tipe c merupakan salah satu program yang masuk skala prioritas kami,” tutur dia.

Sebelumnya, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang memang meminta pada Dishub agar kembali berupaya menggenjot realisasi terminal tersebut. Sebab, tidak adanya trayek dari perkotaan ke Pasar Induk sangat menyulitkan masyarakat yang tidak memiliki kendaraan.

“Kita tidak punya terminal angkot, coba di samping pasar induk itu diaktifkan lagi. Kalau ada jalurnya ke sana, otomatis akan banyak orang datang ke pasar,” katanya.

Sejauh ini, di Sangatta trayek angkutan kota hanya melayani jalan utama Yos Sudarso hingga Swarga Bara. Padahal banyak tujuan lain yang sangat membutuhkan jalur lintasan. Seperti Pasar Induk, RSUD Kudungga, Bukit Pelangi bahkan Pelabuhan jika rampung. (G-S03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.