Lebih Hemat Mobil Listrik atau Mobil Hybrid? Ini Penjelasannya

oleh -28 Dilihat
oleh

Jakarta, 28 November 2023 – Kendaraan listrik semakin populer di Indonesia, baik kendaraan listrik maupun hybrid. Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan kedua jenis mobil tersebut berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau yang dikenal dengan Gaikindo.

Ada banyak alasan mengapa banyak masyarakat Tanah Air yang antusias dengan mobil listrik dan hybrid, mulai dari penghematan biaya operasional hingga banyaknya insentif yang bisa didapat. Tapi apa yang lebih berguna?

Harga bahan bakar

Biaya energi merupakan salah satu komponen terbesar dalam pengoperasian kendaraan. Kendaraan pertanian menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik sehingga lebih hemat bahan bakar dibandingkan kendaraan konvensional. .

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber yang disebutkan INFOKUTIM.COM Otomotif, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil hybrid adalah 20-25 kilometer per liter. Jadi, untuk menempuh jarak 100 kilometer, Anda hanya membutuhkan 4-5 liter bensin Pertamax yang dibanderol Rp53.600 hingga 67.000.

Biaya listrik

Semua kendaraan listrik menggunakan listrik untuk menggerakkan kendaraan. Harga listrik di Indonesia saat ini berkisar antara Rp1.400 – Rp1.600 per kilowatt hour (kWh). Jika sebuah mobil listrik membutuhkan energi sebesar 8,5 kWh untuk menempuh jarak 100 km, maka biaya penggunaan listriknya sekitar Rp 12.000 hingga 13.600.

Biaya pemeliharaan

Biaya perawatan mobil hybrid hampir sama dengan mobil konvensional. Pasalnya tipe-tipe tersebut mempunyai bagian yang tidak jauh berbeda. Untuk mobil listrik, biaya servisnya murah karena banyak sistem yang tidak memerlukan perawatan lagi, seperti penggantian oli dan oli mesin. Harga pembelian

Harga mobil di Indonesia saat ini mulai dari Rp 270 jutaan on the road DKI Jakarta yang diberi nama Suzuki Ertiga Hybrid. Saat ini mobil listrik seperti Wuling Air ev Lite dibanderol di bawah Rp 200 juta setelah mendapat insentif.

Khusus kendaraan listrik, ada manfaat lain berupa kesempatan menggunakan jalan nonstandar di Jakarta dengan bebas biaya pajak tahunan dan murah.

Namun mobil hybrid lebih fleksibel untuk berkendara jarak jauh karena tidak bergantung pada listrik dan dapat diisi dayanya hanya dalam beberapa menit. Mobil Terpopuler: Timeline Pejabat Dishub yang Bergerak di Mobil, Harga Berita Moto Bripda Novandro Bahas Serial Masa-masa Pria Dishub Naik Mobil dan Harga Motor Bripda Novandro Banyak dibaca sehingga menjadi populer di INFOKUTIM.COM Otomotiv saluran INFOKUTIM.COM.co .id 5 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *