Local Market Sangatta, Joni : Brand Lokal Untuk Bangkitkan Ekonomi Kutim

oleh -81 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

Sangatta. Local Market Sangatta, Joni : Brand Lokal Untuk Bangkitkan Ekonomi Kutim – Banyaknya budaya dan kebiasaan yang ada di Indonesia membuat kita mempunyai talenta-talenta kreatif yang menuangkan kreatifitasnya melalui karya-karya yang diwujudkan salah satunya dengan menjadi brand.

Dengan banyaknya talenta kreatif tersebut, maka adanya komunitas untuk berkumpul dengan orang-orang yang punya interest yang sama bisa dibilang sangat diperlukan. Di situ, Local Market adalah acara brand lokal yang hadir untuk menjadi wadah para pengusaha kreatif dengan produk berkualitas.

Kali ini, area alun-alun Helipad, Bukit Pelangi, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi lokasi acara Local Market Sangatta yang diselenggarakan selama tiga hari dari 20 Juli-22 Juli 2023. Acara ini mengusung tema “Produk Lokal Eksis, Ekonomi Kutim Bangkit” sebagai gambaran kondisi bangkitnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pasca pandemi dengan melibatkan 80 tenan lokal dari Kutim.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutim, H Joni S. Sos., menyampaikan apresiasi kepada panitia atas penyelenggaraan Local Market yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kutim itu.

“Kegiatan Local Market ini sangat luar biasa sebagai upaya untuk terus meningkatkan perekonomian warga masyarakat di Kutim,” ujar Joni.

Menurutnya, melibatkan anak-anak muda dalam panitia Local Market memberikan motivasi bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam kegiatan positif.

“Konsep yang dibuat oleh anak-anak muda dalam Local Market sangat menarik dan dapat memancing minat masyarakat untuk datang berbelanja di tenan-tenan yang telah disiapkan. Ini akan mendorong perputaran ekonomi yang lebih cepat,” terangnya.

Joni berharap bahwa acara Local Market dapat menjadi event rutin untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, terutama bagi UMKM di Kutim.

“Idealnya, kedepannya, Local Market bisa diselenggarakan di tiap-tiap kecamatan, misalnya di Kecamatan Sangatta Selatan, sehingga UMKM yang ada di sana juga dapat berkembang,” harapnya.

Local Market Sangatta dibuka oleh Wabup Kasmidi Bulang didampingi Pembina Local Market Sangatta Asti Mazar dan jajaran Forkopimda yang hadir. Ditandai dengan pemukulan stik ke drum secara simbolis tanda dimulainya kegiatan Local Market Sangatta dimulai.

Sementara itu, Wabup Kutim Kasmidi Bulang mengatakan jika Local Market Sangatta awalnya digagas dari obrolan dari para pelaku kedai kopi dengan memberikan kesempatan pemula dalam usaha apapun terutama anak muda lokal dari Kutim.

“Nanti ke depan bersaing ke tinggi lagi lewat provinsi dan internasional. Kita tidak membatasi, intinya menghasilkan perputaran uang,” urainya.

Local Market Sangatta, Joni : Brand Lokal Untuk Bangkitkan Ekonomi Kutim

Ia menegaskan untuk Local Market Sangatta bisa menjadi barometer industri produk anak muda di Kutim sesuai dengan tema yang diangkat “Produk Lokal Eksis, Ekonomi Kutim Bangkit”.

“Kita harapkan event ini terus eksis dan menjadi ajang kreativitas anak muda Kutim membantu meningkatkan perputaran ekonomi,” terangnya.

Untuk lebih memeriahkan pembukaan Local Market Sangatta, panitia turut menghadirkan artis ibu kota Ali Taher untuk menghibur penonton Local Market. Dalam kesempatan itu, Aldi membawakan lagu-lagu cover milik Coldplay berjudul Yellow dan Fix You dan beberapa lagu ciptaannya yang mengundang decak tawa.

Post Views: 13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *