Lokasi Nyeri Bisa Ungkap Penyebabnya, Kalau Sakit Perut Kanan Atas karena Apa?

oleh -27 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA. Penyebab sakit perut ada banyak tergantung di mana rasa sakit itu dirasakan. Beberapa sakit perut berupa mual, kram, kembung, dan rasa tidak nyaman biasanya bukan merupakan tanda sesuatu yang serius dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

Namun, sakit perut yang tidak kunjung hilang atau hilang sebaiknya tidak diabaikan. Hal ini dikarenakan lambung mengandung banyak organ vital, sehingga sakit perut bisa disebabkan oleh kondisi yang buruk.

Khana Patel, dokter umum di London, Inggris, menjelaskan letak sakit perut bisa menunjukkan penyebabnya. Berikut kemungkinan penyebab sakit perut tergantung kondisi nyerinya, dikutip dari Daily Mail, Selasa (16/1/2024).

1. Perut kanan bawah

Nyeri kronis di perut bagian kanan bawah bisa jadi merupakan tanda penyakit usus buntu. Gejala lainnya adalah nyeri semakin parah saat perut bagian kanan ditekan, termasuk nyeri yang lebih terasa saat batuk atau berjalan.

“Usus buntu biasanya dimulai dengan nyeri di bagian tengah perut, yang bisa datang dan pergi. Dalam beberapa jam, rasa sakitnya menjalar ke sisi kanan bawah, tempat usus buntu biasanya berada, dan menjadi konstan dan tidak menyenangkan,” kata Patel. .

2. Perut bagian tengah bawah

Infeksi saluran kemih bagian bawah (ISK) adalah penyebab umum nyeri perut bagian tengah bawah yang kronis. ISK kandung kemih bagian bawah adalah infeksi pada kandung kemih atau uretra (saluran yang membawa urin keluar dari tubuh).

“Penyakit ini dapat menimbulkan rasa sakit di perut bagian tengah bawah dan membuat pasien merasa lelah dan perih,” kata Patel.

Penderita juga mungkin mengalami rasa tidak nyaman dan nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, atau ingin buang air kecil secara tiba-tiba.

3. Perut bagian atas

Nyeri di perut bagian tengah atas, tepat di bawah tulang rusuk, bisa disebabkan oleh penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), suatu kondisi umum di mana asam dari lambung bocor ke kerongkongan. Pasien mungkin mengalami gejala penyerta lainnya.

Diantaranya bau mulut, kembung, radang kerongkongan, mulas, dan nyeri saat menelan. GERD dapat disebabkan atau diperburuk oleh konsumsi alkohol, kopi, atau mengonsumsi makanan pedas atau berlemak.

“Biasanya hal ini terjadi akibat melemahnya cincin otot di bagian bawah kerongkongan,” kata Patel.

4. Bagian tengah/pertengahan perut

Kemungkinan besar penyebab nyeri pada perut bagian tengah/tengah adalah gangguan usus. Penyebabnya mungkin infeksi virus, keracunan makanan, alergi atau intoleransi laktosa. Tapi itu juga bisa menjadi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Menurut Patel, IBS bisa berlangsung berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan. Penyebab IBS tidak diketahui, namun hal ini berkaitan dengan makanan yang melewati usus terlalu cepat atau terlalu lambat, saraf yang terlalu sensitif di usus, stres, dan riwayat keluarga dengan IBS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *