Mahasiswa Asing dari AS Hingga Cina Ikut Lomba Bahasa Indonesia di Hari Sumpah Pemuda

oleh -74 Dilihat
oleh

Medan – Sejumlah mahasiswa internasional asal Amerika, Norwegia, Kolombia, Jepang, China, Thailand, Kamboja dan Malaysia dengan antusias mengikuti lomba bahasa Indonesia yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU) di Jalan Kapten M Basri , bertempat, Kota Medan, Sabtu 28 Oktober 2023.

Kompetisi yang diadakan Lembaga Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) UMSU ini merupakan bagian dari Bulan Bahasa dan Kebudayaan Internasional. Festival yang mengusung tema “Merangkul keberagaman dengan melestarikan bahasa dan budaya” ini bertepatan dengan peringatan Hari Pemuda, 28 Oktober.

Presiden BIPA UMSU Dr. Muhammad Arifin, M.Pd membuka langsung kajian ini dan mengatakan karya ini untuk memperingati bulan pidato dan sumpah pemuda. Ia juga menyampaikan, mahasiswa asing di UMSU telah mendapat pengakuan dari Pusat Bahasa Sumut.

“Alhamdulillah mahasiswa asing di UMSU juga diajak menjadi artis dan mengikuti tes UKBI,” kata Dr. Arifin, dalam sambutannya, Minggu 30 Oktober 2023.

Sementara itu, Sekretaris BIPA UMSU Dr. Cut Novita Srikandi, M.Hum mengatakan, kegiatan ini berdampak pada mahasiswa asing yang ada di kota Medan.

“Diharapkan karya ini menjadi wadah eksplorasi kebudayaan dunia,” ujar Dr. menebang.

Salah satu peserta asal Kolombia, Sara Henao mengaku sangat senang bisa mengikuti kompetisi menyanyi Indonesia. Dalam kompetisi tersebut, ia bersedia menyanyikan lagu ‘Perfect’ karya Andra dan The Backbone.

“Senang sekali bisa menyanyi, tapi aku gugup saat berdiri di atas panggung,” ujarnya dalam bahasa Indonesia. Sara mengaku sudah 12 tahun tinggal di Indonesia dan menyukai makanan rendang.

Festival ini diisi dengan seminar linguistik dan budaya yang dibawakan oleh dua pemateri yaitu Prof. Wan Syaifuddin, M.A., Ph.D tentang “Pentingnya Kebudayaan dalam Pembelajaran Bahasa Hawaii sebagai Bahasa Asing (BIPA)” dan dr. Andi Wate Polili.M .Him tentang “Tips Mudah dan Menyenangkan Belajar BIPA”.

Diikuti lomba bahasa dan budaya, termasuk lomba menyanyikan lagu, tembang, dan pantun Indonesia. Selain itu, masing-masing mahasiswa UMSU menampilkan panel budaya dan menyanyikan lagu-lagu dari negaranya masing-masing.

Upacara diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba dari masing-masing kategori dan penampilan mahasiswa dari Kamboja dan Thailand.

Baca artikel edukasi menarik di tautan ini. Seperti yang terlihat di TikTok, Remaja Bejat Minum Alkohol dan Memperkosa Gadis SMP. Pelaku berinisial BK dan MR ditangkap anggota Reskrim Polres Bangkalan di sebuah rumah setelah menganiaya anak di bawah umur. Pelaku dan korban bertemu di TikTok. INFOKUTIM.COM.co.id 5 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *