Mahasiswa Komunikasi UMM Luncurkan 14 Karya Portal Berita

oleh -28 Dilihat
oleh

Malang – Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mampu membuat 14 website komunikasi dalam waktu kurang dari 60 hari. Tidak hanya itu, lebih dari 2.100 pekerjaan berita terisi di semua media berita.

“Melalui karya mahasiswa seperti ini, saya yakin Ilmu Komunikasi UMM merupakan program akademik yang unggul,” ujar Wakil Rektor I, Prof. Dr Syamsul Arifin Rabu 12 Juli 2023 sesaat sebelum MSi meluncurkan website di Rayz Hotel UMM.

“Anak saya alumnus komunikasi. Sebelum masuk, dia studi banding ke berbagai kampus, dan pilihannya jatuh ke UMM,” lanjutnya.

Menekan tombol pada tab menunjukkan peluncuran. Layar monitor besar langsung menayangkan video kegiatan mahasiswa 14. Dekan FISIP kecuali WR 1; Prof. Muslimin Mahmud M.Si, Widiya Yutanti, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Nasrullah dan Kepala Laboratorium Komunikasi.

Dalam sambutannya, ketua berharap agar usaha yang dilakukan para mahasiswa ini terus berlanjut dan terus berlanjut di dunia industri dan kedepannya. “Ada yang bilang generasi muda saat ini adalah generasi yang tidak berguna,” ujarnya. Dan karena perbuatan tersebut, para santri menolak praktik tersebut,” kata Muslimin.

Proses kreatifnya sudah dimulai sejak April lalu. Nasrullah mengatakan prosesnya dimulai dari riset pasar dan standar media online. Siswa mengajukan lamaran kerja. Permohonan yang disetujui akan dilanjutkan dengan pengembangan website dan publikasi. Produksi biasanya memakan waktu kurang dari 60 hari.

“Ini adalah pencapaian yang melampaui sebuah tujuan. “Awalnya kami merencanakan 10 portal dan satu cerita,” kata Nasrullah yang juga dosen Praktikum Jurnalistik Online. Dalam peran tersebut, Pemimpin Redaksi jawapos.com Dhimas Ginanjar yang juga alumnus Komunikasi UMM merupakan instruktur terlatih. Widiya Yutanti, Kepala Laboratorium Komunikasi UMM menjelaskan, mata kuliah praktik di prodinya harusnya bisa memberikan manfaat yang besar. Hubungan Masyarakat, 9 program studi, 3 peminatan Komunikasi Penyiaran dan Jurnalistik.

“Semuanya harus tampil kreatif, seperti website, film, iklan, acara khusus, isu sosial, dan solusi manajemen masalah,” jelas Widiya.

Selain itu, Nasrullah yang juga Ketua Program Pendidikan Media UMM mengatakan, 14 media yang diluncurkan mahasiswa minggu keenam ini bisa berbisnis jika ditindaklanjuti. Karena Informasi, Selain mempublikasikan informasi dalam bentuk foto dan video, mahasiswa juga harus memasarkan websitenya melalui media sosial.

“Ini akan melengkapi keterampilan mereka berdasarkan pekerjaannya saat ini. Jadi harus bisa meliput berita, mengolah dan mengirimkannya, tetapi juga bagaimana mendapatkan berita yang dipilih Google,” kata Nasrullah.

Menariknya, portal-portal tersebut memiliki tata letak yang berbeda-beda. 14. Lingkungan perempuan usaha UMKM; Permainan olahraga online; seni dan budaya kuliner; Ini tentang ekonomi kreatif dan dunia laki-laki. Siaran berita, berita langsung, cuplikan video berita eksklusif; infografis; Ini dikemas agar sesuai dengan dunia jurnalisme nyata, karena siaran pers dan cerita mendalam disampaikan dalam waktu singkat.

Meski masih dalam tahap pelatihan dan bekerja dalam pelatihan. Gugus tugas juga harus mendapatkan klien untuk menjadi sponsor dan mempekerjakan jurnalis perusahaan dan liputan berita merek. Website yang dibuat sebaiknya juga dipasarkan melalui media sosial agar dapat memperoleh khalayak yang banyak.

“Pekerjaan jurnalisme online ini lebih banyak interaksinya dengan pihak luar, jadi seperti jurnalis sungguhan. Dari pelatihan ini saya sudah mengembangkan teknik menulisnya, dan kalau tugas mata kuliah menulis seperti ini, membantu,” Abdul sepakat. Qodir K adalah pemimpin redaksi ekomikro.com dan seorang model pekerja.

Sendy Aditya, Pemimpin Redaksi mascoolin.id pun turut angkat bicara. “Saya mendapat banyak pelajaran baru, khususnya dalam pengelolaan media online,” ujarnya.

Namun, tantangan tersulit dalam praktiknya adalah desain awal situs web karena saya tidak memiliki latar belakang IT. “Saya lebih menikmati pengalaman langsung ini daripada pelatihan. Saya sangat membenci bagian desain web,” kata Dafa W. Pratama, Pemimpin Redaksi mantridea.com.

Selain Pelatihan Menulis Online, Komunikasi UMM menawarkan layanan periklanan PR in-house di bidang ini. acara PR; Ada juga produksi program periklanan dan televisi. Dalam waktu dekat, seluruh hasil kinerja akan dipresentasikan pada acara tahunan dalam program Kommaksi.

“Pada acara Kommaksi, kami mengajak para penggemar dan rekan-rekan mahasiswa untuk mengulas dan berbagi rasa syukurnya. “Pengalaman masa lalu sebelum wabah. “Kami ada kelompok yang ingin mempekerjakan mahasiswa kami di perusahaan konsumen,” kata Widiya.

Berikut 14 pemberitaan hasil karya mahasiswa angkatan 2020 yang mengikuti pelatihan pemberitaan online: menugenz.id, mascoolin.id, agrotopia.id, ekomikro.com, mantridea.com, teramala.id, flocation.id, berari . identitas, wanita. id, santapanasia.com, zonamama.id, lokagreen.id, Bachelorgame.com, makangalam.com 937 lulusan terdaftar pada program gelar; Rektor Unimed: Dunia Kerja Butuh Kolaborasi Kemampuan dan Keterampilan Universitas Negeri Medan (Unimed) wisuda 937 wisudawan perempuan. Wisuda kali ini akan dilaksanakan di Auditorium Unimed. Dilaksanakan pada 21-22 Februari 2024. INFOKUTIM.COM.co.id 21 Februari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *