Masyarakat Diminta Segera Pasang STB Agar Bisa Nonton TV Setelah 2 November

oleh -112 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan masyarakat untuk segera membeli dan memasang perangkat set-top box atau STB setelah penerapan ASO (ASO) pada 2 November 2022 atau penghentian saluran TV terestrial sejenis.

“Sebentar lagi (setelah) 2 November, tidak akan ada acara TV serupa lagi,” kata Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Geriantika Kurnia dalam situs “Pedoman Teknis Penggunaan Decoder Kompatibel dengan Implementasi ASO.”Provinsi Kalimantan Utara”, Kamis.

Analog Close (ASO) dijadwalkan berlangsung sebelum 2 November 2022. Setelah tanggal tersebut, Indonesia hanya akan menayangkan televisi terestrial digital.

Siaran digital hanya dapat diputar pada perangkat TV yang dapat menerima sinyal digital. Meski demikian, bukan berarti masyarakat perlu membeli TV baru untuk menonton siaran digital.

TV lama dapat menerima siaran digital saat tersambung ke decoder yang ditunjuk. Perangkat ini berfungsi sebagai konverter siaran digital sehingga dapat diubah menjadi audio dan video dari perangkat TV yang berbeda.

Kotak Dekker kini tersedia di toko elektronik, termasuk pasar online. Harga mulai dari Rp.

Geriantica juga mengingatkan masyarakat untuk membeli set-top box untuk menonton siaran free to air atau terestrial, bukan untuk layanan TV satelit atau kabel.

Pemerintah dan multilembaga penyelenggara menyiapkan subsidi berupa kotak selimut gratis bagi masyarakat miskin yang terdaftar dalam data komprehensif kesejahteraan sosial Kementerian Sosial.

Data terkini Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan 98 wilayah layanan dari 112 wilayah layanan yang terdampak ASO di Indonesia memiliki infrastruktur penyiaran digital. Masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut kini dapat memeriksa apakah tempat tinggalnya memiliki akses terhadap program TV digital.

Menurut Geriantica, TVRI sebagai operator multichannel terus membangun infrastruktur siaran digital di 14 wilayah layanan. Sebanyak 12 unit diharapkan segera selesai, sedangkan dua unit sisanya diharapkan selesai pada 2 November.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *