Memori HP Penuh, Ini 5 Cara Cepat Kosongkan Ruang Penyimpanan

oleh -49 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Smartphone kini telah menjadi alat yang sangat membantu segala aktivitas dan kebutuhan masyarakat.

Banyak orang yang mengandalkan ponsel pintar tidak hanya untuk terhubung dengan orang-orang terdekatnya, tapi juga untuk mengakses aplikasi dan layanan termasuk platform media sosial, termasuk mengambil banyak foto.

Semua ini justru memakan ruang penyimpanan di perangkat. Oleh karena itu, sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebagian orang untuk melihat informasi toko secara lengkap. 

Oleh karena itu, untuk memastikan penggunaan smartphone yang terbaik, pengguna perlu mengosongkan ruang penyimpanan.

Nah berikut Tekno INFOKUTIM.COM bagikan tips mengosongkan ruang penyimpanan saat memori ponsel penuh, seperti dikutip dari Gadgets Now, Yunday (31/12/2023).

1. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Mulailah dengan membersihkan ponsel Anda dari aplikasi yang jarang atau jarang digunakan. Hapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan menelusuri daftar aplikasi dan mencopot pemasangannya.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan aplikasi alternatif yang menyediakan fungsi serupa. Namun ukurannya lebih kecil sehingga menghemat lebih banyak ruang penyimpanan.

2. Hapus data cache

Seiring waktu, aplikasi yang diinstal pada ponsel cerdas mengumpulkan data cache dan dapat menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan.

File-file sementara ini dirancang untuk meningkatkan kinerja aplikasi, namun juga dapat menghabiskan ruang yang tidak diperlukan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengosongkan memori ponsel adalah dengan menghapus data cache pada aplikasi.

Untuk menghapus data cache, buka pengaturan perangkat. Lalu, buka bagian “Penyimpanan” atau “Manajemen Penyimpanan” dan hapus data cache.

 

File media, terutama foto dan video, sering kali menghabiskan sebagian besar penyimpanan perangkat. Daripada menyimpannya di perangkat Anda, pertimbangkan untuk menggunakan layanan cloud seperti Google Foto atau iCloud.

Setelah diunggah, Anda dapat menghapus foto atau video dengan aman dari perangkat Anda tanpa khawatir kehilangannya.

4. Kelola unduhan dan file

Periksa folder unduhan dan pengelola file secara teratur. Ini dirancang untuk mengidentifikasi dan menghapus file yang tidak diinginkan dari dokumen, PDF, dan unduhan lain yang terakumulasi seiring waktu.

Namun, Anda juga harus berhati-hati saat menghapus file sistem yang penting. 

5. Optimalkan pengaturan aplikasi

Beberapa aplikasi menawarkan pengaturan yang memungkinkan Anda mengontrol jumlah data yang disimpan di ponsel Anda.

Mengubah pengaturan ini dapat membantu Anda mengurangi jumlah penyimpanan yang digunakan aplikasi Anda tanpa mengorbankan fungsionalitas penting.

Selain masalah total ruang penyimpanan perangkat, masalah ini juga tampaknya terjadi pada penyimpanan cloud.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna layanan penyimpanan berbasis cloud adalah keterbatasan memori. Oleh karena itu, sejumlah layanan menawarkan paket berlangganan untuk memberikan ruang penyimpanan lebih besar. 

Namun, bagi mereka yang tetap ingin berhemat, daripada membayar biaya bulanan yang besar, Anda dapat menghapus file tersimpan secara berkala sebagai cara untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan cloud gratis. 

Cara ini bisa diterapkan pada layanan Google Drive, Google Foto, dan Gmail dari perangkat berbeda. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan komputer desktop karena tampilannya yang lebih luas.

Jika Anda ingin menghapus beberapa item dari Google Drive dan Gmail untuk mengosongkan ruang, Anda dapat mengurutkan setiap file data berdasarkan ukuran dan menghapus satu atau dua file besar.

Berikut cara menghapus file Google Drive di desktop: Masuk ke akun Google Drive Anda. Saat Anda masuk, klik Penyimpanan di menu di sisi kiri layar. Halaman Penyimpanan akan mencantumkan file Anda dari yang terbesar hingga yang terkecil, namun jika tidak, klik Penyimpanan sedang digunakan di sisi kanan layar. Sekarang file-file tersebut harus diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil. Klik file besar yang ingin Anda hapus untuk memilihnya, lalu klik di sebelah tempat sampah yang muncul di bagian atas layar saat item dipilih, atau seret file besar tersebut ke tempat sampah di sisi kiri layar. Klik “Sampah” di menu sebelah kiri untuk membuka menu sampah. Klik Kosongkan Sampah di sudut kanan atas layar Anda. Klik Hapus selamanya dan file Anda akan hilang.

Sementara itu, berikut cara melakukannya dengan aplikasi Google Drive: Buka aplikasi Google Drive dan masuk ke akun Anda. Klik File di sudut kanan bawah layar di bawah Drive Saya di dekat bagian atas layar. Ketuk penyimpanan yang sedang digunakan. Ini akan mengatur file Anda dari yang terbesar hingga yang terkecil. Di samping item yang ingin Anda hapus, klik elipsis (…). Ketuk Hapus. Klik ikon hamburger di sudut kiri atas layar di samping Cari di Drive. Klik “Sampah”. Ketuk tiga titik (…) di sudut kanan atas layar. Klik Kosongkan Sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *