Mengintip Rencana Ekonomi Hijau di Visi dan Misi Ganjar-Mahfud

oleh -39 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta Penurunan emisi gas rumah kaca merupakan salah satu bentuk penerapan kebijakan ekonomi hijau sejalan dengan visi dan misi Ganjar-Mahfud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga lingkungan.

Calon Wakil Presiden 2024 Dr. Indonesia tidak akan dapat mencapai tujuan bebas atau nol emisi pada tahun 2060 jika tidak memiliki peraturan yang komprehensif dan mengikat bagi semua pihak mengenai penangkapan, penyimpanan, dan perdagangan karbon, kata Mahfud.

Oleh karena itu, dia mengatakan duo calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan MD Mahfud, akan melengkapi operasional terkait Capture and Storage (CCS) dan pertukaran karbon dengan regulasi dan regulasi hukum yang lebih komprehensif. dasar-dasar.

“Selain memberikan manfaat bagi Indonesia secara ekonomi, penurunan emisi gas rumah kaca merupakan bentuk tanggung jawab sosial sebagai warga dunia untuk berperan dalam mengurangi pemanasan global,” kata Mahfud dalam deklarasi tersebut.

Oleh karena itu, Mahfud menilai aturan penangkapan, penyimpanan, dan perdagangan karbon tidak bisa dibuat asal-asalan atau hanya terfokus pada satu aspek saja, karena persoalan lingkungan hidup menjadi perhatian semua pihak, termasuk tingkat instansi pemerintah.

Ia mencontohkan, di sektor migas, terdapat Peraturan Menteri ESDM Nomor 2023 tentang Penyelenggaraan Penangkapan, Pemanfaatan dan Penyimpanan Karbon, serta Penangkapan dan Penyimpanan Karbon pada Kegiatan Hulu Migas Umesaha. . .

Namun penerapannya menyangkut pihak lain seperti pemerintah daerah selaku lokasi proyek. Kemudian di sisi keuangan ada Kementerian Keuangan dan perdagangan karbon dilakukan di bursa yang merupakan domain Otoritas Jasa Keuangan.

Mahfud juga menyinggung aturan komprehensif tentang perdagangan karbon dalam debat cawapres yang digelar di GCC di Jakarta, Jumat (22 Desember).

“Kemudian akan diatur secara keseluruhan. Bagaimana kalau ada undang-undangnya atau tidak, apa peluangnya? Bagaimana kapasitas lembaganya? Apa itu komunikasi publik? Apa ideologinya?” jelas Dr. Mahfud.

Secara terpisah, Ekonom UGM Fahmy Radhi menilai langkah calon presiden dan wakil presiden pada pemilu 2024 yang memasukkan perdagangan karbon dalam kampanyenya sudah tepat karena Indonesia tidak bisa lagi lepas dari tanggung jawab bersama untuk mengurangi emisi.

“Saya kira sudah tepat bagi calon presiden dan wakil presiden untuk memasukkan karbon dalam visi dan misinya karena ini adalah tanggung jawab Indonesia sebagai warga global,” kata Fahmy di Jakarta.

Menurutnya, komitmen yang ditunjukkan para pemilih presiden terhadap ekonomi hijau sudah cukup menunjukkan bahwa pemimpin masa depan Indonesia peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Meski demikian, Fahmy mengakui perlu adanya pembahasan lebih lanjut baik dari segi regulasi maupun roadmapnya agar semua pihak yang terlibat dapat bekerja sama. Peraturan dan standar penilaian sertifikasi yang andal akan memastikan bahwa perdagangan karbon nasional dipantau tidak hanya oleh pelaku dalam negeri tetapi juga internasional.

Fahmy menambahkan, potensi perekonomian batu bara di Indonesia sangat besar. Ia mencontohkan, beberapa perusahaan seperti PLN atau Pertamina masih memiliki peluang besar untuk beralih ke energi terbarukan.

“Jadi ada potensi pengurangan energi karbon yang bisa disertifikasi untuk diperdagangkan. Apalagi Indonesia sudah punya pertukaran karbon,” jelasnya.

Ia mengatakan, meski membutuhkan teknologi tinggi, namun potensi ekonomi dari kegiatan penangkapan dan penyimpanan karbon juga sangat besar.

Di sisi lain, ia mengatakan selain kewajiban membeli di pasar karbon, Pemerintah harus menerapkan apresiasi berupa pajak hijau dan pembiayaan hijau bagi perusahaan yang berkontribusi dalam perdagangan karbon.

Ingat, perkembangan kendaraan listrik di Indonesia dan negara maju tidak bisa dihindari, karena penyumbang karbon terbesar adalah gas buang yang mengeluarkan karbon. Dunia juga perlu melakukan hal ini. Fehmi Radhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *