Mengolah Telur dengan Benar bisa Menyebabkan Sehat

oleh -36 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM Techno – Kalau masak dan makan telur, apa makanan favoritmu? Telur dadar, telur dadar dengan sosis atau daging sapi? Nah, cara kita memilih olahan telur yang dimakan bisa menentukan kesehatan kita lho!

Seorang ahli gizi mengklaim telah memecahkan ‘kode’ tersebut.

Seorang dokter naturopati dan ahli gizi bersertifikat, Dr. Kellyanne Petrucci dari Pennsylvania mengatakan bahwa telur menyediakan banyak nutrisi: riboflavin, zat besi, seng, fosfor, folat, kolin, dan berbagai vitamin.

Kolin membantu membangun membran sel yang kuat dan fleksibel serta berperan penting dalam metilasi, proses menghidupkan gen, jelas Petrucci, New York Post Health, Selasa, 16 Januari 2024.

Minum terlalu banyak kolin dapat membantu mencegah depresi, kehilangan ingatan, dan kecemasan. “Lebih baik lagi, telur tidak terlalu mempengaruhi kolesterol Anda,” katanya.

Dia menambahkan, “Meskipun telur dapat mengubah kolesterol Anda, penelitian menunjukkan bahwa telur mampu mengubah kolesterol dengan sangat baik.”

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa bukan kolesterol dalam tubuh kita yang mempengaruhinya, melainkan kolesterol dalam makanan yang kita makan.

Menurut Healthline, banyak penelitian yang membandingkan telur dan makanan tanpa telur menunjukkan sedikit perbedaan dalam pengaruhnya terhadap kadar kolesterol atau rasio kolesterol “baik” dan “jahat”. Namun, beberapa penelitian mengaitkan telur dengan risiko penyakit jantung yang lebih besar dan merekomendasikan makan dalam jumlah yang “berlebihan”.

Namun, Petrucci mengingatkan bahwa cara kita mengolah telur tersebut, seperti menambahkan sosis dan bacon ke dalam telur, menimbulkan risiko kesehatan karena tingginya kandungan natrium lemak yang dapat hidup.

Menurut Mayo Clinic, bahan-bahan ini, bersama dengan minyak atau mentega yang digunakan untuk memasak telur goreng, mungkin lebih berbahaya dibandingkan telurnya sendiri. Sebaliknya, Petrucci merekomendasikan memasak telur dengan mentega atau minyak dari sapi yang diberi makan rumput dan diberi makan rumput. Atau jika Anda sedang memperhatikan berat badan dan kolesterol, telur rebus yang ditaburi garam dan merica adalah olahan yang tepat. 

Faktanya, ahli gizi memuji telur sebagai obat untuk segala penyakit.

Para ahli saat ini merekomendasikan agar orang dewasa yang sehat dapat makan tujuh butir telur tanpa masalah, namun pedoman tersebut mungkin akan segera berubah. Simak 10 manfaat daging unta untuk kesehatan sebagai alternatif hewan kurban. Meski unta jarang dikurbankan di Indonesia, namun hewan ini mempunyai dampak baik bagi kesehatan. Berikut harga daging unta INFOKUTIM.COM.co.id 15 Juni 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *