Mesin Turbo Mobil Jangan Langsung Dimatikan, Ini Alasannya

oleh -20 Dilihat
oleh

Jakarta, 4 Desember 2023 – Mesin dengan turbo sudah menjadi hal yang lumrah di dunia otomotif. Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan performa mesin, baik bensin maupun solar.

Namun mesin turbo lebih kompleks dan memerlukan perawatan khusus. Tips penting lainnya dalam merawat mesin turbo adalah segera mematikan mesin setelah digunakan.

Mengapa mesin turbo tidak bisa dimatikan?

Dikutip INFOKUTIM.COM Otomotif dari laman Hyundai Indonesia, turbin pada mesin turbo bekerja dengan memanfaatkan gas buang untuk memutar porosnya. Poros turbin ini berputar dengan kecepatan tinggi.

Saat mesin dimatikan secara langsung, oli berhenti mengalir ke turbin. Hal ini dapat menyebabkan poros turbin menjadi terlalu panas dan kehilangan tenaga.

Selain itu, suhu turbo juga turun signifikan saat mesin langsung dimatikan. Penurunan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan pemuaian dan penyusutan komponen turbo.

Pemuaian dan ledakan yang berulang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen kompresor udara.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan mesin turbo?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan mesin turbo berbeda-beda, tergantung kondisi mesin. Jika mesin baru digunakan dalam perjalanan jauh atau mobil baru dikendarai dengan kecepatan tinggi, maka waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan mesin turbo akan lebih lama.

Secara umum waktu yang disarankan untuk mendinginkan mesin turbo adalah sekitar 30-60 detik. Selama waktu ini, mesin harus tetap idle, idle.

Jika memungkinkan, Anda dapat menambahkan perangkat turbo timer untuk membantu mendinginkan mesin turbo dan menunda penghentian mesin. Cara mengatasi mobil kehabisan bensin di jalan tol Kehabisan bensin di jalan tol memang sangat menyusahkan. INFOKUTIM.COM.co.id 26 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *