Meta akan Tambahkan Label pada Konten yang Dihasilkan AI

oleh -30 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA — Meta memperbarui kebijakannya mengenai konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI). Perusahaan berencana menambahkan label ‘Made with AI’ mulai Mei tahun depan. Kebijakan ini berlaku untuk konten di Instagram, Facebook, dan Threads. 

Meta mengatakan akan mulai mengklasifikasikan lebih banyak konten video, audio, dan gambar sebagai konten yang dihasilkan AI, sekaligus mengakui bahwa kebijakannya saat ini “terlalu sempit.”

Tag tersebut diterapkan ketika mendeteksi pengguna menggunakan alat AI atau ketika Meta mendeteksi “indikator gambar AI standar industri”, tetapi perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang sistem deteksi tersebut. 

Perubahan tersebut, dilansir The Verge, Senin (4/8/2024), didasarkan pada rekomendasi dan masukan dari Dewan Pengawas Met serta pembaruan terhadap Aturan Media Manipulatif yang dibuat pada tahun 2020. Pernyataan tersebut menyatakan apa yang tidak dikatakannya, namun hal tersebut tidak membahas cakupan luas konten buatan AI yang membanjiri web akhir-akhir ini. 

“Selama empat tahun terakhir, dan khususnya setahun terakhir, orang-orang telah mengembangkan jenis konten fotorealistik lain yang dihasilkan AI, termasuk audio dan foto, dan teknologi ini berkembang pesat,” kata Mehta dalam sebuah postingan blog. “Seperti yang dicatat oleh dewan, sama pentingnya untuk mengatasi manipulasi yang menunjukkan seseorang telah melakukan sesuatu yang tidak mereka lakukan.” 

Meta juga mengubah cara moderasi konten yang dihasilkan AI. Mulai bulan Juli, kami akan berhenti menghapus konten buatan AI yang tidak melanggar pedoman komunitas lainnya. 

Hal ini juga datang dari komite pengawas, yang merekomendasikan untuk menambahkan lebih banyak konteks daripada membatasi konten. Materi yang melanggar aturan lain, termasuk materi mengenai intimidasi, campur tangan pemilih, dan pelecehan, akan terus dihapus, terlepas dari apakah materi tersebut dibuat menggunakan alat AI. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *