Miliarder Jim Ratcliffe Beli 25% Saham Manchester United, Saham MANU Melonjak

oleh -41 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Saham Manchester United menguat pada perdagangan Selasa 26 Desember 2023, setelah miliarder Inggris Jim Ratcliffe membeli 25% saham minoritas Manchester United.

Saham Manchester United Plc naik 3,43 persen menjadi $20,52 pada Rabu (27/12/2023) di Marketwatch. Saham dengan ticker MANU berada di atas S&P 500 yang naik 0,4%.

Saham Manchester United memiliki nilai tertinggi di US$20,84 dan terendah di US$20,06. Kapitalisasi pasar Manchester United adalah $3,38 miliar.

Manchester United mengumumkan perjanjian pengambilalihan pada 24 Desember 2023. Jim Ratcliffe membeli 25% saham seri B dan 25% saham seri A milik keluarga Glazer, pemilik klub Manchester United. Harga pembelian saham tersebut sekitar US$33 per saham.

Kesepakatan itu bernilai US$5,4 miliar atau sekitar Rp83,20 miliar (dengan asumsi nilai tukar dolar AS dan rupee sekitar 15.407), jauh lebih rendah dari perkiraan awal US$6 miliar, menurut Bloomberg.

Jim Ratcliffe juga akan memberikan tambahan $300 juta atau sekitar 4,62 triliun rupiah. untuk investasi baru di stadion Old Trafford Manchester United.

Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, konglomerat yang menjalankan bisnis bahan kimia melalui Ineos Group ini menerima permintaan dari dewan Manchester United untuk mendelegasikan tanggung jawab operasional sepak bola kepada klub-klub Manchester United.

Ini mencakup seluruh aspek operasional sepak bola pria dan wanita, serta akademi klub, serta dua kursi dewan untuk Manchester United Plc dan Manchester United Football Club.

Keluarga Glazer berada di bawah tekanan kuat untuk menjual Manchester United karena para penggemar frustrasi dengan kinerja yang dianggap buruk.

Manchester United terakhir kali memenangkan Liga Premier pada tahun 2013. Pada tahun 2021, keluarga Glazer menghadapi reaksi keras dari para penggemar atas rencana keterlibatan mereka dalam Liga Super Eropa yang kontroversial.

Dalam surat terbuka kepada fans Manchester United pada Selasa 26 Desember 2023, Jim Ratcliffe mengatakan butuh waktu untuk membawa klub kembali ke puncak sepakbola.

“Saya yakin bahwa kami dapat memberikan kesuksesan olahraga di lapangan untuk melengkapi kesuksesan komersial yang dinikmati klub,” katanya.

Ia mengatakan hal ini memerlukan waktu, kesabaran dan ketelitian, serta pengelolaan profesional tingkat tinggi.

Ratcliffe sebelumnya terlibat dalam pertarungan pengambilalihan dengan Sheikh Yassim bin Hamad al-Thani dari Qatar untuk merebut kendali Manchester United dari keluarga Glazer, yang telah memiliki klub tersebut sejak 2005.

Pada November 2022, keluarga Glazer mengonfirmasi bahwa mereka sedang menjajaki opsi investasi dan penjualan langsung klub Liga Premier tersebut.

Saham Manchester United turun 12,9% pada tahun 2023, dibandingkan dengan kenaikan 24,3% pada indeks S&P 500. Klub yang saat ini berada di urutan kedelapan di Liga Premier akan menghadapi Aston Villa di Old Trafford.

Manchester United, dipimpin oleh manajer Eric ten Haag, memenangkan trofi pertama mereka dalam enam tahun tahun ini, mengalahkan Newcastle United 2-0 di final Piala Liga.

Manchester United adalah tim tersukses dalam sejarah papan atas Inggris, setelah memenangkannya sebanyak 20 kali. Rekor 13 gelar diraih di era Liga Premier yang dimulai pada tahun 1992. Klub ini didirikan dengan nama Newton Heath pada tahun 1878, berganti nama menjadi Manchester United pada tahun 1902 dan memenangkan gelar liga pertama dari 20 gelar liga enam tahun kemudian.

Sebelumnya diberitakan, miliarder Jim Ratcliffe telah menyelesaikan pembelian saham Manchester United. Melalui konglomerat kimianya Ineos Group, Jim Ratcliffe akan membayar $33 per saham untuk 25 persen saham di klub tersebut, sehingga menilai klub tersebut sekitar $5,4 miliar, jauh di bawah perkiraan awal sebesar $6 miliar.

Keputusan untuk mendatangkan Ratcliffe, salah satu orang terkaya di Inggris, menandai berakhirnya proses penjualan berlarut-larut yang secara resmi dimulai oleh keluarga Glazer lebih dari setahun yang lalu.

Awalnya dilaporkan bahwa keluarga Glazer akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas di Manchester United, dengan nama Ratcliffe muncul sebagai salah satu kandidat utama.

Menurut Yahoo Finance, Selasa (26/12/20230), Ratcliffe akan membeli 25 persen saham Kelas B milik keluarga Glazer dan memulai penawaran tender atas 25 persen saham Kelas A yang tercatat.

Ratcliffe akan menginvestasikan US$300 juta di klub tersebut. Jadi investor baru akan mendapat dua kursi di dewan.

Tahun lalu, Ratcliffe melawan tawaran saingannya dari Sheikh Yassim bin Hamad Al Thani, putra ketiga mantan perdana menteri Qatar, untuk mengambil kendali klub.

Namun tidak ada kandidat yang dapat menandingi ambisi wakil presiden Joel dan Eiram Glazer untuk menjadikan Manchester United sebagai venue olahraga termahal di dunia.

Grup Qatar menegaskan bahwa mereka tidak akan membayar ekstra untuk klub. Sebelum perang penawaran dimulai, Sheikh Hamad bin Yassim bin Jaber Al Thani, mantan Perdana Menteri Qatar dan ayah dari Sheikh Yassim, mengatakan dia tidak mendukung investasi sepak bola di Liga Premier.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *