Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Tebak Berapa Nilainya

oleh -30 Dilihat
oleh

Leuven, 9 Desember 2023 – Dulu mobil China sering dipandang sebelah mata karena dibanderol dengan harga murah, namun merek dari negara lain seperti Jepang dan Eropa dinilai kualitasnya.

Hal serupa juga terjadi di Indonesia, dimana beberapa mobil China hadir pada tahun 2000an, namun belum dilengkapi secara lengkap baik dari segi kualitas maupun dukungan purna jualnya.

Namun kini, merek tirai bambu kembali populer dan juga dijual di banyak negara maju. Namun, bagaimana dengan tingkat keamanan?

Dilansir INFOKUTIM.COM Otomotif dari laman Carnewschina, Xpeng sebagai merek mobil asal China baru-baru ini lolos uji tabrak Euro New Car Assessment Program atau NCAP.

Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik kendaraan dapat melindungi pengemudi dan penumpang dengan aman jika terjadi kecelakaan. Prosesnya melibatkan pemecahan di beberapa titik, serta memeriksa apakah fitur keamanan yang terpasang berfungsi normal.

Hasilnya, SUV listrik Xpeng G9 mendapat peringkat keamanan bintang 5 dari Euro NCAP. Angka tersebut didasarkan pada beberapa faktor, antara lain perlindungan penumpang dewasa, perlindungan anak, perlindungan pejalan kaki, dan sistem bantuan keselamatan aktif.

Dalam uji perlindungan penumpang dewasa, Xpeng G9 mendapat skor 85 persen berkat desain bodinya yang kokoh dan fitur keselamatan pasif yang canggih. Fitur-fitur tersebut antara lain airbag depan, airbag samping, airbag tirai, airbag lutut pengemudi, dan sabuk pengaman dengan pretensioner dan pembatas beban.

Pada uji perlindungan anak, Xpeng G9 mendapat skor 85 persen berkat hadirnya kunci kursi anak ISOFIX yang tersedia di seluruh kursi baris kedua, serta fitur keselamatan lainnya, seperti sensor pendeteksi kehadiran anak.

Dalam uji perlindungan pejalan kaki, Xpeng G9 mendapat skor 78 persen. Skor tersebut diraih berkat desain bodi yang meminimalkan risiko cedera pada pejalan kaki jika terjadi tabrakan.

Dalam pengujian sistem bantuan keselamatan aktif, Xpeng G9 memperoleh skor 78 persen. Skor tersebut diraih berkat fitur keselamatan aktif canggih seperti Automatic Emergency Braking System, Forward Collision Warning System, Lane Assist System, dan Adaptive Steering Assist System. Ikan RI Tak Dijual di Eropa, Menteri Kelautan dan Perikanan: Praktek Penangkapan Ikan Masih Mandul. Menteri Kelautan dan Perikanan Shakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menangkap ikan dengan cara kasar. INFOKUTIM.COM.co.id 10 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *