Momentum Hardiknas 2023, Ketua Komisi D Soroti Kualitas Pendidikan di Kutim

oleh -62 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COMAnggota DPRD Kabupaten Kutim Yan, S.Pd. Ketua Komisi D

SANGATTA. Momentum Hardiknas 2023, Ketua Komisi D Soroti Kualitas Pendidikan di Kutim – Menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, segenap Pemerintah Indonesia dinilai harus mengupayakan anggaran negara, sebesar minimal 20 persen, yang diprioritaskan untuk meningkatkan kuantitas sekaligus kualitas pendidikan Indonesia. Anggaran pendidikan tersebut krusial lantaran akan berpotensi mendorong pemutakhiran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ketua Komisi D DPRD Kutim Yan, S.PD., SD mengatakan, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei seharusnya menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia terkhusus di Kutim.

Yan, S.PD., SD memandang Kabupaten Kutim salah satu kabupaten terbaik yang mengikuti program pendidikan dari kementerian pendidikan. Hal ini menjadi suatu kebanggan tersendiri untuk masyarakat Kutim.

“Kutim adalah salah satu kabupaten terbaik dalam mengikuti progam kementerian pendidikan, yakni program “Merdeka Belajar”. Penilai itu tentu tidak berlebih jika melihat kwalitas tenaga tenaga pengajar ini,”kata Yan saat di temui usai mengikuti upacara hari Hardiknas, Rabu (3/5/2023).

Lebih lanjut ia menambahkan, beberapa tenaga pengajar atau guru di Kutim telah bersertifikat guru penggerak, sehingga guru tersebut akan bergerak ke daerah atau ke desanya untuk memberikan pengajar terhadap guru lain yang belum bersertifikat.

“Nantinya guru-guru yang sudah bersertifikat mengajarkan kembali guru yang belum bersertifikat sehingga program kementerian pendidikan Merdeka Belajar bisa di terapkan di desa desa,” harapnya.

Lebih jauh politisi Partai Gerindra ini berharap, Pemkab juga memperhatikan lagi kesejahteraan guru, khususnya guru guru yang mengajar di pelosok, agar semangat guru dalam membimbing dan memberikan pengetahuan kepada siswa bisa terus meningkat.

Selain itu, pihaknya juga meminta ke Dinas Pendidikan Kutim untuk memperhatikan guru yang memiliki prestasi dengan menyediakan beasiswa kepada guru untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi agar kwalitas guru tersebut bisa lebih meningkat.

Senada dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kutai Timur mengharapkan kualitas pendidikan pendidikan semakin berkualitas.

Hal ini disampaikan Ketua PGRI Kutai Timur Suyatno berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas 2023) yang diperingati setiap 2 Mei.

“Harapan kami pada Hardiknas 2023 ini kualitas pendidikan terus maju mampu mencetak anak didik berkualitas,” kata Suyatno saat dikonfirmasi.

Momentum Hardiknas 2023, Ketua Komisi D Soroti Kualitas Pendidikan di Kutim

Kualitas pendidikan juga harus didukung tenaga pendidik yang berkualitas dan harus ditopang dengan berbagai hal terutama berkaitan dengan kesejahteraan guru.

“Kami selalu menyampaikan kepada pemerintah agar sarana prasarana pendidikan terus menjadi perhatian khusus,” ungkapnya.(ADV/DPRDkutim/*)

Post Views: 17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *