Momentum Nataru Dinilai akan Tingkatkan Konsumsi Masyarakat

oleh -49 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA — Periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) dipastikan akan meningkatkan transaksi masyarakat. Hal ini terutama berlaku untuk sektor konsumen dan transportasi.

Insentif tersebut diyakini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami cukup optimistis saat ini kami bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di kisaran lima persen (pada kuartal IV 2023),” kata Teuku Riefki, Ekonom Lembaga Kajian Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi Universitas (LPEM UI). di Republik, Selasa (26/12/2023).

Terkait pertumbuhan ekonomi secara umum pada tahun ini, dia mengaku belum menghitung secara pasti. Namun, lanjutnya, momentum Nataru bisa memberikan kontribusi pertumbuhan di kisaran lima persen pada kuartal akhir tahun ini.

Sebelumnya, Pimpinan PT KAI Daop I Jakarta Ivan Eka Saputra mengatakan, jumlah penumpang kereta api di kawasan Daop I tahun ini meningkat sekitar 20 persen dibandingkan tahun lalu. Frekuensi hariannya didominasi oleh penumpang kereta api ekonomi.

Untuk periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT KAI Daop I Jakarta melayani 1.319 perjalanan (KA) atau sekitar 73 perjalanan per hari. Tambahan perjalanan tersedia untuk 184 KA atau sekitar 10 perjalanan tambahan per hari.

Jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Angka ini meningkat signifikan menjadi 700.000 orang dibandingkan periode yang sama tahun lalu (600.000).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *