Mudah! Begini Cara Hapus Data atau Informasi Pribadi dari Google

oleh -102 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM Tekno – Meskipun Google telah menjadi platform yang berguna untuk menjawab hampir semua pertanyaan kita, Google memudahkan orang yang tidak berwenang mengakses informasi pribadi kita, sehingga siapa pun rentan terhadap pencurian identitas atau penipuan.

Menyadari pentingnya masalah ini, Google Penelusuran memiliki opsi untuk menghapus informasi pribadi tertentu dari platform, seperti nomor telepon, email, atau alamat rumah.

Danny Sullivan, humas pencarian Google, mengatakan perusahaan mengambil langkah tersebut karena memahami bagaimana perasaan masyarakat jika informasi pribadi muncul secara luas di hasil pencarian.

“Kami banyak mendengar masukan dari masyarakat yang menganggap ketersediaan informasi ini aneh,” tulis Sullivan, dilansir TIME, Selasa, 31 Oktober 2023.

Kemampuan untuk menghapus informasi pribadi dari Google Penelusuran pertama kali diperkenalkan pada Mei 2022, namun kini lebih mudah digunakan dan lebih mudah diakses. “Orang-orang khawatir tentang ancaman, mereka khawatir tentang hal-hal seperti pencurian identitas, atau mereka merasa tidak nyaman mengungkapkan informasi kontak pribadi mereka,” kata Sullivan.

“Ini upaya kami untuk memberikan masyarakat rasa kontrol yang lebih besar terhadapnya,” lanjutnya.

Begini caranya:

Google nama lengkap Anda terlebih dahulu. Jika Anda melihat nomor telepon, email, dan alamat rumah tercantum, Anda dapat menghapusnya dengan menggunakan tiga titik di hasil dan memilih “Hapus Hasil” di pojok kanan atas.

Akan muncul lima opsi, namun untuk permintaan tentang informasi pribadi, pilih “Ini menunjukkan informasi kontak pribadi saya”. Setelah membaca syarat dan ketentuan Google, klik Lanjutkan tiga kali dan masuk ke akun Google yang ingin Anda kaitkan dengan aplikasi.

Kemudian masukkan nama dan informasi kontak Anda yang cocok dengan yang ingin Anda hapus. Misalnya, masukkan nomor telepon Anda jika Anda ingin Google menghapusnya dari hasil Google sebagai informasi pribadi, lalu lanjutkan menggunakan tombol Lanjutkan.

Setelah Anda selesai dengan langkah sebelumnya, klik Kirim. Semua permintaan penghapusan dapat dilihat melalui kanvas “Permintaan Penghapusan Terbuka”.

Setelah beberapa hari, Google akan memberi tahu Anda melalui email tentang status permohonan Anda.

Anda juga dapat meninjau permintaan yang dikirimkan melalui opsi Data & Privasi di Akun Google Anda dan memilih opsi Tindakan Saya.

Kemudian pilih Aktivitas Lainnya dan klik Kelola Hasil Tentang Anda. Untuk menghapus konten pribadi karena alasan hukum, buka Bantuan Google Penelusuran untuk mengirimkan permintaan dan klik “Konten berisi informasi pribadi Anda” dari daftar opsi di halaman.

Semoga beruntung! Kecerdasan buatan menciptakan kehebohan di tahun pemilu, mulai dari perselisihan hak cipta yang sengit hingga penipuan yang mendalam. Kita harus bersiap menghadapi teknologi kecerdasan buatan (AI) yang menarik. INFOKUTIM.COM.co.id 8 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *