Orang Bertato Taubat, Haruskah Dihapus Tatonya? Buya Yahya Jelaskan Ini

oleh -48 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM –  Tato di tubuh haram dalam Islam. Lalu bagaimana jika seseorang memiliki tato tetapi ingin bertaubat? Haruskah tato di tubuh dihilangkan? Menyinggung soal tato, salah satu ulama kenamaan Indonesia, Buya Yahya mengatakan, tato tidak perlu dihilangkan bagi yang ingin bertaubat. Jadi, ada beberapa situasi yang memungkinkan untuk tidak menghapus tato.

Jadi tato tidak boleh dihilangkan dan harus dihilangkan dengan syarat tertentu, kata Buya Yahya di YouTube Al-Bahjah TV.

Buya Yahya juga menyebutkan syarat ini, bahwa tato yang sudah ada di tubuh seseorang harus dihilangkan ketika hendak bertaubat.

“Sebenarnya kami tidak perlu menghapus tato itu kecuali memenuhi lima syarat. Syarat yang kelima adalah pembuatan tato dilakukan dengan mengetahui haramnya, dan jika dosanya dipahami haram maka tetap dipaksakan. Jadi kalau tidak tahu punya tato halal dan haram, sebaiknya jangan dihapus, kata Buya Yahya.

Syarat selanjutnya yang disebutkan Buia adalah tato tidak boleh dihilangkan ketika sudah dewasa atau sudah kembali.

Kedua, tatonya untuk orang dewasa, kalau masih anak-anak tidak perlu dihilangkan, ujarnya lagi.

Syarat ketiga adalah tato tidak boleh dihilangkan sampai tato meresap ke dalam kulit. Dan syarat yang keempat adalah tidak bisa dihilangkan jika cara menghilangkannya tidak mengganggu proses penyucian kita.

“Tatonya sebaiknya dihilangkan kalau tidak tertutup kulit, kalau tertutup kulit berarti tidak perlu dihilangkan karena kenapa? Itu tidak akan mengganggu kemampuan tersebut. Kalau dari luar kenapa kulit barunya harus dihilangkan? “Airnya tidak sampai ke kulit,” jelas Buya.

“Kalau tatonya kita hapus, tidak mengganggu penyucian kita. Kalau sudah waktunya untuk menghapusnya, kita harus operasi, tidak perlu dihilangkan,” jelasnya lagi.

Syarat terakhir adalah tato tidak bisa dihilangkan jika memang bermanfaat. Manfaat tato memang sulit didapat, namun Buya memberikan gambarannya. Misal seorang wanita pernah mempunyai tato, dan suaminya menyukainya, jika wanita tersebut menghilangkan tato tersebut maka sang suami mengancam akan menceraikannya. Jadi kelebihan dari tato ini adalah untuk menyenangkan hati suami.

“Jadi kalau tato itu bermanfaat, jangan dihilangkan,” tutupnya. Jenazah pria tanpa busana ditemukan di Terowongan Gambir, tangannya ditato boneka, polisi belum bisa memastikan apakah ada luka di tubuh pria tersebut. INFOKUTIM.COM.co.id 12 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *