Pakai Pelembab Lima Menit Usai Mandi Berikan Manfaat Maksimal

oleh -21 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Pakar dermatologi asal Amerika Serikat Dr. Muneeb Shah menyarankan masyarakat untuk mengoleskan pelembab pada kulit setidaknya lima menit setelah mandi. Ini memastikan penyerapan pelembab secara maksimal.

“Gunakan pelembab 5 menit setelah mandi. Penelitian menunjukkan pelembab yang diaplikasikan saat kulit masih basah lebih menyerap,” kata Shah saat peluncuran produk CeraVe di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Ia menyarankan masyarakat memilih pelembap yang mengandung ceramide karena berperan penting dalam skin’s barier, atau lapisan pelindung kulit. Ceramide merupakan komponen minyak yang melakukan berbagai fungsi di dalam tubuh, salah satunya adalah menjaga kesehatan pelindung kulit.

Ceramide dikatakan sebagai kunci kesehatan kulit. Kadar ceramide yang lebih rendah dikaitkan dengan kondisi kulit seperti jerawat dan eksim.

Paparan sinar matahari, iklim yang keras, dan usia dapat memengaruhi kadar ceramide dan mengganggu fungsi pelindung kulit serta menyebabkan kulit kering.

Sedangkan untuk pelembab, Shah juga menyarankan masyarakat untuk memilih produk tanpa pewangi, meski diakuinya produk yang beraroma lebih harum.

“Usahakan untuk tidak menggunakan produk yang beraroma apa pun. Saya tahu wanginya enak, tapi kalau ingin melindungi pelindung kulit, hindari pelembab yang beraroma,” ujarnya.

Lalu ia menyarankan bagi yang memiliki kulit kering untuk menggunakan pelembap dengan tekstur krim, sedangkan bagi yang memiliki kulit berminyak sebaiknya memilih pelembap dengan tekstur gel, juga dengan niacinamide.

Selain cairan, Shah juga menganjurkan agar masyarakat mencuci dengan air hangat dibandingkan menggunakan air panas.

Dalam kesempatan itu, Hansen Gandhi, direktur medis L’Oréal Dermatological Beauty Indonesia, mengatakan penting untuk menjaga kelembapan kulit, salah satunya dengan penggunaan pelembab, terutama bagi mereka yang sering mencuci dengan air panas dan di dalam air. ruangan yang dingin.

“Mandi air panas terus menerus, tidur di ruangan ber-AC sangat baik untuk melembapkan (kulit). AC membuat kulit menjadi kering. Makanya gunakan pelembap untuk meningkatkan pertahanan kulit,” kata Gandhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *