Panduan Aman Mengemudi di Malam Hari

oleh -41 Dilihat
oleh

Jakarta, 27 Desember 2023 – Berkendara pada malam hari menghadirkan tantangan yang berbeda dibandingkan menyeberang jalan pada siang hari.

Kondisi jalan yang gelap, jarak pandang yang minim, dan kemungkinan adanya gangguan dari luar menjadi faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Untuk itu, penting bagi pengemudi untuk menerapkan beberapa tips berkendara aman di malam hari. Berikut beberapa tips yang dikutip INFOKUTIM.COM Otomotiv dari laman Voling Motor:

Pertama, sebelum berkendara pastikan kendaraan dalam kondisi baik termasuk lampu, rem dan ban. Kemudian atur agar bergerak dengan kecepatan lebih lambat sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Hindari menggunakan ponsel, karena mata Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk fokus pada jalan. Kemudian pastikan untuk memeriksa posisinya secara menyeluruh sebelum memutar. Terakhir, berhati-hatilah saat melintasi pejalan kaki, terutama di kawasan sibuk.

Selain tips di atas, masih banyak hal lain yang harus Anda perhatikan saat berkendara di malam hari. Misalnya, hindari mengemudi hanya untuk berbicara dengan seseorang dan hindari upaya kriminal.

Pastikan Anda banyak istirahat sebelum berkendara. Mengemudi dalam keadaan lelah dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Hindari konsumsi alkohol atau obat-obatan sebelum berkendara, karena dapat mengganggu konsentrasi dan refleks Anda saat berkendara.

Jika mobil dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat menjaga jarak secara otomatis, disarankan untuk mengaktifkannya. Selain meningkatkan keselamatan, juga dapat mengurangi beban pengemudi.

Tips Mengatasi Masalah Koneksi Bluetooth pada Audio Mobil Sampai saat ini masih banyak orang yang kesulitan untuk menghubungkan smartphone mereka ke sistem audio mobil menggunakan teknologi wireless. INFOKUTIM.COM.co.id 3 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *