Pangeran Harry Menangkan Kasus Gugatan Peretasan Telepon oleh Grup Media Inggris, Dapat Ganti Rugi Rp2,8 Miliar

oleh -19 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Pengadilan Tinggi di London memenangkan Pangeran Harry dalam kasus penipuan kawat oleh Surat Kabar Mirror Group (MGN) pada Jumat, 15 Desember 2023. Ia juga menerima ribuan dolar dan 180 dolar AS, yaitu sekitar 180 rupee. 2,8 miliar. Kompensasi biaya… 15 artikel dari 33 artikel.

Menanggapi putusan tersebut, pengacara David Sherborne membacakan pernyataan Harry di luar pengadilan. Duke of Sussex tercatat hadir saat putusan dibacakan.

Kasus ini bukan hanya soal penipuan. Ini soal sistem perilaku ilegal dan korup, disertai penyembunyian dan pemusnahan barang bukti, yang tingkat mengkhawatirkannya hanya bisa terungkap melalui proses ini, kata Shirbon, mengutip Page. Pukul enam, Rabu (20/12/2023).

Pernyataan tersebut melanjutkan: “Saya berharap temuan pengadilan dapat menjadi peringatan bagi semua organisasi media yang terlibat dalam praktik ini dan kemudian berbohong mengenai hal tersebut.” “Komitmen saya untuk menyelesaikan masalah ini didasarkan pada keyakinan akan kebutuhan kita bersama dan hak atas pers yang bebas dan adil. Misi ini terus berlanjut.”

Sementara itu, juru bicara MGN mengatakan: “Kami menyambut baik keputusan hari ini yang memberikan kejelasan yang diperlukan agar bisnis dapat bergerak maju setelah peristiwa beberapa tahun lalu.”

Harry pertama kali menuduh perusahaan media Inggris meretas ponselnya dan mencuri pesan suaranya pada Oktober 2019. Dia menyatakan keyakinannya bahwa jurnalis dari grup surat kabar Mirror, termasuk Daily Mirror, Daily Record, Sunday Mirror, dan The People, terlibat dalam hal ini. tindakan ilegal Dan ilegal. Kegiatan. Cara memperoleh informasi tentangnya untuk dianalisis.

Harry mengklaim aktivitas ilegal itu terjadi antara tahun 1991 hingga 2011. Sidang pertama dimulai pada 5 Juni 2023, namun Harry tidak hadir karena harus menghadiri ulang tahun Lippett yang kedua.

“Pengaturan perjalanan dibuat sedemikian rupa sehingga pengaturan keamanan sangat ketat sehingga menyulitkan,” kata pengacara mahkota David Sherborne kepada Hakim Timothy Fancourt pada saat itu.

Hakim menjawab bahwa dia “sedikit terkejut” dan menyatakan bahwa dia telah memberi tahu Duke bahwa dia ingin Harry hadir di pengadilan selama persidangan. Keesokan harinya, Harry memberikan kesaksiannya kepada juri tentang serangkaian artikel tentang hidupnya, yang telah diliput secara luas di surat kabar MGN.

Di antara bukti-bukti yang ia berikan, ia mengaku tak lagi percaya sebagian dari memoarnya “Spear” itu benar adanya. Harry mengira temannya di Eton College telah menjual sebuah cerita kepadanya. Namun, Harry bersaksi pada tanggal 6 Juni 2023 bahwa “tampaknya bukan itu masalahnya.”

Harry pun berbicara panjang lebar dalam pernyataan tertulis di pengadilan tentang mantan pacarnya Chelsy Davy, berbagi detail tentang apa yang menyebabkan berakhirnya kisah cinta mereka. Harry, yang berkencan dengan Davy dari tahun 2004 hingga 2011, mengatakan dia “bodoh” dan “tidak dewasa” karena menggoda wanita lain di pesta tersebut, tetapi kemudian melobi media untuk berpisah.

Harry juga mengkritik pemberitaan media mengenai rumor bahwa James Hewitt adalah ayah kandungnya, bukan Raja Charles III. Dia juga mengakui di pengadilan bahwa dia pernah menggambarkan kasir ibunya sebagai “pria bermuka dua” dalam pesan suara. Harry kemudian dipindai pada 7 Juni 2023 selama 7,5 jam.

MGN, yang kini memiliki Reach, membantah melakukan kesalahan dalam sebagian besar tuduhan yang dibuat dalam kasus penyadapan tersebut, namun mengakui pengumpulan data ilegal dalam satu kasus. Pada hari pertama persidangan, pengacara MGN mengatakan Sunday People telah menyewa penyelidik swasta untuk mengumpulkan informasi tentang Duke ketika dia berada di klub malam London pada tahun 2004.

MGN mengatakan pihaknya “meminta maaf tanpa syarat dan menerima bahwa (Harry) berhak atas kompensasi yang sesuai.”

Sebelumnya, Pangeran Harry diperintahkan untuk membayar sebuah surat kabar Inggris, pada hari Minggu, lebih dari 48 ribu pound biaya hukum setelah dia kehilangan pembelaannya atas sebagian pembelaan surat kabar tersebut dalam kasus pencemaran nama baik. Duke of Sussex telah menggugat penerbit surat kabar tersebut, Associated Newspapers Limited (ANL), atas sebuah artikel tentang pertarungan hukumnya dengan Kementerian Dalam Negeri mengenai pengaturan keamanannya di Inggris.

Dikutip The Independent, 12 Desember 2023 Seorang hakim memerintahkan suami Meghan Markle membayar £48.447 (Rs 947 juta) setelah kasusnya gagal. Gugatan untuk mencabut kekebalan ANL akan disidangkan pada Maret 2023.

Pekan lalu, Hakim Pengadilan Tinggi Nicklin memutuskan bahwa ANL dapat melanjutkan dengan pembelaan “itikad baik” dalam kasus kontaminasi, di mana Harry menggugat grup berita tersebut atas sebuah artikel yang diterbitkan pada Februari 2022. Pajak keamanan setelah Harry dan keluarganya pindah ke AS . .

Hakim Nicklin mengatakan ANL mempunyai “prospek nyata” untuk mempertahankan pendiriannya dan kasus ini harus dibawa ke pengadilan. Hakim memerintahkan Harry untuk membayar jumlah tersebut kepada surat kabar Inggris paling lambat tanggal 29 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *