Pasangan Ini Tempuh Perjalanan Kutub Utara ke Selatan Pakai Mobil Listrik, Ini Ceritanya

oleh -72 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Chris dan Julie Ramsay, pasangan petualang asal Skotlandia, menyelesaikan perjalanan keliling dunia pertama dari Kutub Utara ke Kutub Selatan. Mereka menggunakan kendaraan listrik untuk menyelesaikan petualangan bertajuk “Pole To Pole EV”.

Keluarga Ramsay mengendarai Nissan Ariya EV yang dimodifikasi, demikian dikutip laman Engadget, Selasa (19 Desember 2023). Mereka melakukan perjalanan sejauh 17.000 mil (27.358 kilometer) antara Kutub Utara dan Selatan dalam sembilan bulan.

Perjalanan mereka sebenarnya berakhir pada Jumat, 15 Desember 2023, namun keluarga Ramsey tidak membagikan kabar tersebut hingga komunikasi satelit pulih. Keberhasilan ekspedisi ini didukung oleh kendaraan yang bertenaga.

Kendaraan listrik Nissan Ariya e-4ORCE mereka telah dimodifikasi oleh spesialis Arctic Trucks dari Islandia. Ban yang lebih besar berukuran 39 inci dengan lengkungan roda yang serasi, ditambah beberapa perangkat keras dan bodywork anti-icing.

Tenaga dan suspensi sebagian besar masih bawaan, tetapi tingginya ada. Bobot ekstra dari kendaraan listrik berarti jangkauan Ramsey akan berkurang 150 hingga 200 mil dari aslinya 272 mil.

Saat bepergian di kawasan Arktik dan Antartika, keluarga Ramsey mempelajari trik untuk menjaga aki mobil mereka tetap hangat guna meningkatkan efisiensi. Apalagi saat radiator depan mobil dikelilingi dinding salju.

Tenda khusus terkadang digunakan untuk menutupi seluruh gerbong. Tergantung pada kondisi cuaca, keduanya akan menggunakan turbin angin 5 kW atau prototipe solusi pengisian daya hibrida surya untuk meningkatkan kinerja kendaraan.

Terkadang mereka menggunakan generator bensin, perangkat yang wajib dimiliki oleh para petualang yang ingin melintasi Arktik. Hal yang sama berlaku untuk kendaraan pendukung diesel, karena tidak ada versi listrik.

Chris Ramsey menjelaskan tujuan Pole To Pole EV adalah untuk membuktikan bahwa kendaraan listrik dapat menggantikan kendaraan ekspedisi diesel yang ada di wilayah kutub. Melintasi benua Amerika di antara dua kutub bumi, ekspedisinya dikatakan relatif mudah berkat adanya charger

Di selatan, Pole To Pole EV bekerja sama dengan penyedia solusi pengisian daya kendaraan listrik Enel X Way untuk memasang pengisi daya di sepanjang rute melalui Amerika Tengah dan Selatan. Terutama di kawasan petualangan Peru.

Ini bukan pertama kalinya Chris dan Julie Ramsey menjadi berita utama tentang kendaraan listrik. Pada tahun 2017, mereka juga menjadi kendaraan listrik pertama yang mengikuti Reli Mongolia, khususnya model Nissan Leaf Acenta.

Selama reli, pasangan ini menempuh jarak 10.000 mil (16.903 km) dalam 56 hari. Hal ini sulit mengingat Leaf yang dimodifikasi hanya dapat menempuh jarak 90 mil (144 kilometer) dengan sekali pengisian daya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *