Pemkab Kutim Gelontorkan Anggaran 180 Miliyar Untuk Tiga Kecamatan di Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Batu Ampar

oleh -78 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

MUARA BENGKAL. Pemkab Kutim Gelontorkan Anggaran 180 Miliyar Untuk Tiga Kecamatan di Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Batu Ampar – Suasana cerah warnai pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di tiga kecamatan yaitu, Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Batu Ampar yang dipusatkan di Halaman Rumah Sakit Pratama Kecamatan Muara Bengkal, Jumat (3/3/2023).

Selain Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang tampak hadir pula Ketua DPRD Kutim Joni di dampingi Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan beserta anggota dewan lainnya, para Kepala OPD, Camat Muara Bengkal Norhadi , Camat Muara Ancalong Harun Al Rasyid, Camat Batu Ampar Suriansyah Mutul, seluruh kepala desa se Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Batu Ampar, Forkompinca, pimpinan perusahaan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para undangan lainnya.

Mengusung tema “Penguatan Struktur Ekonomi Guna Mendukung Perekonomian Daerah” Musrenbang Kecamatan Muara Wahau dan Kombeng dibuka langsung oleh Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman.

Bupati Kutim H Ardiansyah Sulaiman pada sambutannya mengungkapkan, untuk tahun 2023 ini, Pemerintah daerah aka menggelontorkan anggaran pembangunan sebesar Rp.180 milyar di tiga kecamatan tersebut.

Untuk Muara Bengkal disebutkannya senilai Rp 57 milyar, Kecamatan Muara Ancalong sebesar Rp 55 milyar dan untuk Batu Ampar Rp 18 Milyar.

Anggaran itu direncanakan untuk digunakan sebagai percepat program pembangunan, baik infrastruktur jalan, bangunan hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Termasuk pembangunan jalan cor beton di Muara Bengkal sepanjang 6 kilometer serta di desa Mulupan dan Senambah.

“Dengan dukungan anggaran yang cukup memadai, saya menyakini banyak kegiatan yang akan muncul, seiring dengan kebutuhan untuk terus mempercepat pembangunan khususnya di tiga kecamatan ini,” ucapnya.

Untuk Kecamatan Muara Ancalong, Bupati menyebut, pengecoran jalan sepanjang 9 kilometer mulai dari jembatan Ngayau hingga desa Kelinjau Ilir juga menjadi agenda pembangunan yang masuk dalam 138 paket pekerjaan yang akan dilaksanakan di tahun 2023 ini.

Sedangkan untuk Kecamatan Batu Ampar sebanyak 52 paket pekerjaan, meliputi infrastruktur, peningkatan SDM.

Sementara Wakil Bupati Kutim, H Kasmidi Bulang juga menyampaikan bahwa APBD Kutim tahun 2023 naik sekitar 5,9 triliun rupiah

“Alhamdulillah APBD Kutim tahun ini naiknya luar biasa, berdasarkan informasi dari Ketua DPRD dan Kepala Bapeda Kutim ada sekitar 5,9 triliun rupiah, ini merupakan hasil kinerja kita semua dalam mencari anggaran,serta tim yang kuat,” ungkap Wabup.

Pemkab Kutim Gelontorkan Anggaran 180 Miliyar Untuk Tiga Kecamatan di Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Batu Ampar

Dari 5,9 triliun rupiah itu, ungkap Kasmidi ditahun lalu dianggarkan dengan angka 3,6 triliun. Namun pada perjalanannya tembus di angka 4,9 triliun rupiah.

“Itu artinya ditahun lalu juga naiknya cukup besar, bahkan ditahun lalu ada kegiatan kurang lebih 1,5 miliar rupiah namun tidak terserap, karena anggaran itu masuknya di anggaran perubahan. Insyallah di tahun ini 1,5 miliar rupiah yang tidak dapat terserap itu dianggarkan lagi di perubahan,” sebutnya.

Post Views: 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *