Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

oleh -33 Dilihat
oleh

JAKARTA – Baterai HP dalam kondisi baik mampu memberikan tenaga untuk seharian. Sayangnya, hal ini biasanya terjadi sebelum masa pakai baterai 12 jam. Jika iya, sebaiknya segera cari tahu penyebab baterai ponsel Anda cepat terkuras.

Jika baterai tidak dapat bertahan dalam jangka waktu sesuai kapasitasnya, sebaiknya segera perbaiki atau ganti komponennya. Jadi, rasanya tidak enak jika ponsel tiba-tiba mati saat Anda masih bekerja.

Ada banyak alasan mengapa baterai ponsel cepat habis. Hal ini mungkin terjadi karena aplikasi di belakang layar seperti GPS, Bluetooth, dan Maps tidak dimatikan. Alasan lainnya mungkin karena baterainya sudah mati. Periksa juga kabel data dan charger yang Anda gunakan. Nah, agar baterai ponselmu tidak cepat habis, simak cara jitu berikut ini: 1. Turunkan Tingkat Kecerahan Mata

Kecerahan layar yang tinggi akan sangat menguras baterai ponsel. Oleh karena itu, sebaiknya buka tingkat kecerahan ponsel Anda dan kurangi tingkat cahayanya. Atau, aktifkan pengaturan penyesuaian otomatis agar Anda tidak perlu sering menyesuaikannya. Tampilan kecerahan otomatis pada layar dikatakan mampu mengecek intensitas cahaya bagi pengguna.

2. Lamaran Akhir (Proses Informasi)

Aplikasi harus berjalan di latar belakang agar dapat menggunakan ponsel dengan benar. Misalnya VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan aplikasi antivirus. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa aplikasi tetap berjalan kecuali pengguna menutupnya.

Jika aplikasi dibiarkan berjalan di latar belakang, aplikasi tersebut menghabiskan banyak memori dan menghabiskan daya, sehingga menyebabkan baterai ponsel Anda cepat terkuras.

3. Aktifkan Mode Gelap

Sebagian besar ponsel cerdas saat ini menggunakan layar Organic Light Emitting Diode (OLED) dan menawarkan tampilan dengan tema gelap dan terang, biasanya dalam warna putih atau hitam. Dalam keadaan gelap, panel ponsel tidak akan menyala saat layar menampilkan gambar hitam, sehingga menghemat banyak daya.

4. Menonaktifkan Permintaan Pencarian Situs

Banyak aplikasi di ponsel yang bisa melacak lokasi orang, seperti Google Maps, Grab atau Gojek, Facebook, dan Instagram. Beberapa aplikasi tersebut akan terus memantau lokasi pengguna dan menguras baterai ponsel.

Tak jarang pengemudi lupa mematikan GPS dan pelacak karena ponsel terpasang di dalam mobil. Khusus bagi operator ojek online, sediakan daya ekstra seperti power bank agar tidak kehabisan daya.

Solusinya adalah dengan menonaktifkan pengaturan lokasi ketika salah satu aplikasi tersebut tidak digunakan. Ini akan mencegah aplikasi melacak lokasi pengguna, yang akan menguras baterai ponsel saat tidak digunakan.

5. Getaran Suara

Mematikan informasi suara atau getaran akan menghemat banyak daya. Pasalnya, elemen getar membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan bagian lainnya.

6. Minimalkan penggunaan gadget

Baterai dapat dihemat dengan meminimalkan penggunaan gadget. Ya, widget adalah aplikasi kecil yang menampilkan informasi seperti informasi tertunda atau informasi harga di layar beranda. Hal ini dapat berguna jika Anda ingin mengakses data dengan cepat, namun juga dapat menguras masa pakai baterai.

7. Aktifkan Hemat Daya

Penghematan daya membantu Anda menghemat daya baterai saat Anda menggunakan ponsel dalam waktu lama. Saat Anda mengaktifkan metode ini, ponsel Anda akan secara otomatis mematikan banyak fungsi yang tidak perlu dan mengurangi kecerahan layar. Dengan menggunakan sistem ini, baterai ponsel Anda akan tetap terjaga karena semuanya dikontrol secara otomatis sehingga tidak cepat terkuras.

8. Periksa Kabel Data

Pemilik HP harus tahu bahwa ada kabel data akses cepat yang cocok untuk perangkat mereka. Karena jika tidak pas maka akan terjadi masalah pada arus baterai dan dayanya. Bukannya terisi penuh, baterainya malah kosong. Oleh karena itu gunakanlah kabel data terlebih dahulu agar sesuaikan nilainya dengan kebutuhan baterai ponsel.

Berikut berbagai penyebab baterai ponsel cepat habis dan cara mengatasinya. Temukan aksesoris dan aksesoris terbaik di AladinMall. Nikmati situs gratis dan kesempatan berbelanja lainnya dengan mendownload aplikasi AladinMall di Play Store dan Shopping Store. Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk untuk kebutuhan Anda.

Buat kamu yang ingin tampil keren dan stylish, malam ini pukul 20.00 WIB AladinMall ada harga spesial di aplikasi RCTI+. Bergabunglah dengan kami dan belanja apa yang Anda butuhkan selama jeda iklan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *