Penyerahan Bantuan 1450 Liter Herbisida untuk Kelompok Tani di Kecamatan Long Mesangat

oleh -144 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

Long Mesangat – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur kembali menyerahkan bantuan Herbisida kepada kelompok tani dan penyerahan Surat Tanda Register Unit Pengolahan dan Pemasaran Bahan Olah Karet (STR-UPPB) Etam Jaya dari Dinas Perkebunan di kecamatan Long Mesangat.

Sebanyak 700 liter bantuan herbisida diberikan kepada kelompok tani di kecamatan Long Mesangat, masing-masing kelompok tani tersebut adalah, kelompok tani Sri Rezeki Desa Mukti Utama sebanyak 225 liter, kelompok tani Jaya Makmur Desa Segoy Makmur sebanyak 225 liter dan kelompok tani Cah Tawai Desa Segoy Makmur sebanyak 250 Liter.

Secara bersamaan dan ditempat yang sama, bantuan 750 liter Herbisida juga diberikan oleh Dinas Perkebunan kepada kelompok tani Kecamatan Busang antara lain, kelompok tani Maju Bersama Desa Rantau Sentosa menerima bantuan sebanyak 350 liter herbisida dan kelompok tani Sungai Anai Desa Rantau Sentosa menerima bantuan sebanyak 400 liter herbisida

Penyerahan bantuan bibit ternak kepada kelompok tani di kecamatan Long Mesangat dari Dinas Pertanian. Sebanyak Empat kelompok tani menerima bantuan Bibit ternak berupa ayam buras, ayam petelur dan itik.

Kelompok tani Maju Bersama Desa melan menerima bantuan bibit ternak 992 ekor ayam petelur, kelompok tani Jaya Makmur desa Segoy Makmur menerima bantuan bibit ternak ayam buras sebanyak 2.645 ekor, Kelompok Tani Cah Tawai Desa Segoy Makmur menerima bantuan bibit ternak sebanyak 322 ekor itik dan kelompok tani Ingin Makmur Desa Tanah Abang menerima bantuan bibit ternak sebanyak 665 ekor itik.

Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kutai Timur, H. Kasmidi Bulang kepada kelompok tani secara simbolis, didampingi Camat Long Mesangat Imanuel Eng, Sekretaris Dinas Perkebunan Abdul Gani dan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Mukmin. dilaksanakan di BPU desa Mukti Utama, Jumat (9/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Kasmidi menyampaikan, sudah menjadi tugas penyuluh agar sebisa mungkin mendampingi para petani dalam menonjolkan unggulan di masing-masing desa.

“Dan itu merupakan tugas para penyuluh untuk mendampingi petani agar terdapat unggulan dimasing-masing desa. Unggulannya bisa berupa peternakan, perkebunan, pertanian. ” Kata Kasmidi

Menurutnya Sepanjang memang bisa dikembangkan di daerah tersebut maka wajib bagi desa untuk mengembangkan unggulannya.

“Harapan kita kedepan bahwa pertanian bisa mendongkrak perekonomian yang ada di Kutai Timur,” Ujar Kasmidi

Sekretaris Dinas Perkebunan Abdul Gani sebelumya juga menyampaikan pembagian bantuan herbisida merupakan program-program terarah yang direkomendasikan oleh Wakil Bupati yang juga selaku ketua Perhiptani Kab. Kutai Timur.

Gani juga menyampaikan, bagi kelompok tani yang memenuhi persyaratan akan dibantu dengan sesuai dengan anggaran yang ada dan segera akan diproses untuk direalisasikan.

“Kelompok tani yang mendapatkan bantuan itu telah teregister dan mendapat tinjauan lapangan untuk mengecek secara langsung persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi” Ujar Gani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *