Permudah Jenguk Tahanan, Aplikasi Sobat Jadi Solusi

oleh

SANGATTA, KUTIM POST Permudah jenguk tahanan, aplikasi Sobat jadi solusi. Untuk mempermudah masyarakat menjenguk keluarga yang sedang menjalani proses hukum di Polres Kutim, Wakapolres Kutim Kompol Triyanto, menggagas aplikasi Sohib Baik Tahanan (Sobat).

Aplikasi ini diklaim mampu mengurangi penularan covid-19 ke dalam sel tahanan, yang dibawa dari luar oleh pembesuk.

Kompol Triyanto saat ditanya mengenai aplikasi Sobat ini mengatakan, merupakan inovasi Polres Kutim untuk jenguk tahanan secara online.

“Aplikasi Sobat merupakan inovasi Polres Kutim untuk jenguk tahanan secara online, karena selama pandemi ini ada arahan untuk jenguk tahanan langsung itu tidak diperkenankan. Supaya masyarakat bisa menjenguk keluarganya yang berproses hukum, makanya, kita buatkan Sobat,” tuturnya usai mengikuti vicon dengan Kapolda Kaltim, di Gedung BPU Sangatta Utara. Minggu, (6/2/2022).

Permudah Jenguk Tahanan, Aplikasi Sobat Jadi Solusi

Ia menambahkan, aplikasi Sobat ini dapat diunduh dengan Android dalam Playstore.

“Jadi, untuk masyarakat yang keluarganya berproses hukum, bisa mendownload dan nanti disitu ada arahan-arahan. Setelah mendapatkan link, nanti akan jadwal tertentu untuk bisa bertatap muka secara daring dengan keluarganya yang ada di dalam tahanan,” tambahnya.

Kompol Triyanto juga menambahkan, aplikasi ini hanya bisa di download dengan menscan barcode yang ada di depan Polres Kutim.

“Karena ini sifatnya tertentu saja yang berproses dengan hukum, makanya hanya sebatas barcode. Silahkan di download lewat barcode itu untuk aplikasi Sobat. Barcode tersebut ada di baliho yang di pasang di Jalan A.W. Syahrani (ex. Jalan Pendidikan) dan di depan Polres Kutim,” pungkasnya.

Kata Kunci : Permudah Jenguk Tahanan, Aplikasi Sobat Jadi Solusi