Pernah Diselingkuhi, Bagaimana Cara Sembuhkan Diri?

oleh -32 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA — Pihak-pihak yang terlibat perselingkuhan masing-masing bisa mempunyai beban. Apalagi mereka yang pernah ditipu, bisa saja mengalami trauma dan masalah psikologis lainnya, seperti rasa cemas dan depresi.

Sebelumnya, unggahan TikToker Ira Nanda yang mengungkap hubungan suaminya, seorang pilot, dan seorang pramugari menjadi viral. Ini adalah kali keenam suaminya menjalin hubungan tersebut.

Oleh karena itu, proses penyembuhan diri menjadi penting bagi mereka yang pernah mengalami trauma. Menurut Ramani Durvasula, psikolog dan profesor di California State University, Los Angeles, AS, pemulihan dipengaruhi oleh berapa lama hubungan bertahan, sifat emosional dan seksual dari hubungan tersebut.

Lalu, apakah orang tersebut mengulangi pengkhianatannya.

“Ini juga terkait dengan riwayat seseorang yang pernah diselingkuhi atau pengalaman masa kecilnya, seperti melihat orang tua selingkuh dari orang tua lainnya,” ujarnya dalam laporan Newsweek, Minggu (31/12/2023).

Eve Kilmer, psikolog yang berbasis di Boulder, Colorado dan terapis pasangan Emotionally Focused Therapy (EFT) bersertifikat, mengatakan terapi dapat membantu jika seseorang memilih untuk meninggalkan suatu hubungan.

Meminta dukungan orang lain, misalnya teman dan kelompok dukungan perceraian, dapat membantu mengurangi perasaan tertekan. Psikolog merekomendasikan hal berikut sebagai bagian dari pemulihan diri ketika suatu hubungan berakhir.

Cara menyembuhkan diri sendiri setelah ditipu oleh…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *