Perpustakaan Bumi Desa Sidareja, Persembahan untuk Generasi Muda

oleh -32 Dilihat
oleh

PURBALINGGA – Membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan. Sayangnya, survei yang dilakukan UNESCO mengungkapkan minat membaca Indonesia hanya 0,0001%. Angka ini setara dengan 1:1000, dimana Indonesia menempati peringkat kedua terendah dari 61 negara pada tahun 2016.

Bahkan jika dibandingkan dengan data Perpusnas pada tahun 2022, tingkat antusiasme membaca masyarakat Indonesia mengalami peningkatan sebesar 7,4% dibandingkan tahun 2021. Selanjutnya giliran mendapatkan informasi yang lengkap.

Nah, demi meningkatkan minat baca masyarakat, Perpustakaan Bumi dihadirkan di desa yang berubah menjadi Desa Kartun Sidareja, desa kartun pertama di Indonesia.

Harapannya dengan hadirnya perpustakaan ini, generasi muda khususnya di Desa Sidareja Purbalingga Jawa Tengah semakin meningkatkan kecintaan membaca, memperluas wawasan dan mengembangkan karakternya, serta menjadi generasi yang mampu. . selalu bertanggung jawab atas pendapatnya dan apapun yang mereka lakukan di kemudian hari,” kata aktivis Gita Yohanna Themdean Kie Art saat membuka perpustakaan.

Keberadaan Perpustakaan Bumi di Kampung Kartun Sidareja akan semakin mewarnai keaktifan pemuda Kie Seni yang disini terdiri dari 8 kelompok seniman. Contohnya adalah ketika Kie Karawitan Alit memulai rutinitasnya, ia akan diminta membaca selama 30 menit dan kemudian pelatih Karawitan akan memantau secara acak bacaan anak-anak.

“Tujuannya untuk melatih dan memantapkan perhatian dan pemahaman membaca anak-anak desa,” lanjut Slamet Santosa yang juga merupakan penggiat Kie Art.

Perpustakaan Bumi untuk generasi muda memiliki beragam buku, mulai dari seni budaya Indonesia, pengembangan diri, novel, cerita anak, fiksi ilmiah, kesehatan, gaya hidup, biografi alam dan sains. .

“Buku-buku ini bukan hanya milik pribadi para aktivis, tapi juga berasal dari donatur yang ingin membantu mengembangkan karakter dan pengetahuan generasi muda,” kata Gita.

Pada kesempatan yang sama, jurnalis dan penulis Wilibrodus Megandika dengan bukunya Karya Kali Serayu Aku Merindu juga berbagi pengalamannya dalam proses kreatif pembuatan sebuah buku.

Sementara itu, Gita Thomdean dengan bukunya Corona Stories menceritakan pengalaman 19 perempuan Indonesia yang menghadapi COVID-19 dalam 3 bulan pertama mengidap penyakit ini.

“Pengalaman menulis buku pertama ini merupakan keajaiban nyata bagi saya. Selain kehidupan sosial saya yang aktif, juga memberikan pengaruh yang sangat positif terhadap karir profesional saya di kantor,” kata apoteker, penulis, dan artis tersebut. aktivis. TKN menyebut Prabowo-Gibran akan membawa kesejahteraan bagi para musisi jika memenangkan Pilpres 2024. Pasangan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengatakan, TKN akan membawa kesejahteraan bagi para musisi dan pekerja kreatif di Indonesia jika mereka berhasil. . INFOKUTIM.COM.co.id 25 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *