Petani Buah Nanas Akan Dibekali Cara Pembuatan Produk Turunan Pasca Panen

oleh -59 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA. Petani Buah Nanas Akan Dibekali Cara Pembuatan Produk Turunan Pasca Panen – Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Kutai Timur, tengah mempersiapkan sebuah program pelatihan pasca panen kepada para petani komoditi buah nanas asal Desa Himba Lestari Kecamatan Batu Ampar.

Seperti diberitakan sebelumnya dimana buah nanas saat ini sudah memenuhi kebutuhan pasar didalam daerah, dan telah menembus pasar regional, tepatnya dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Dimana hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas DTPHP Kutim melalui Kepala Bidang Holtikultura Wahyudi Noor. Dirinya juga menjelaskan bahwa selama ini para petani hanya menjual buah, akan tetapi kedepan para petani juga akan diberikan pelatihan untuk menghasilkan produk turunan dari buah nanas tersebut

” Kedepan para petani akan dibekali pelatihan pembuatan produk turunan yang bahan bakunya dari nanas itu sendiri, misalnya dibuat selai, kripik, asinan, dan lain sebagainya agar produktivitasnya meningkat.” Ujarnya

Petani Buah Nanas Akan Dibekali Cara Pembuatan Produk Turunan Pasca Panen

Pelatihan pembuatan produk turunan tersebut Wahyudi mengungkapkan, akan menggandeng pelatih profesional yang sudah memiliki pengalaman di bidangnya, dengan harapan bisa memberikan nilai ekonomis lebih kepada para petani dan tidak hanya bergantung dari hasil panen saja.

Lebih lanjut dirinya juga mengemukakan melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) akan memberikan pendampingan kepada para petani, bagaimana memberikan pemahaman agar selalu buah bisa terus membuahkan hasil pasca panen.

Post Views: 64

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *