Petani Nanas di Desa Himba Lestari Batu Ampar Akan Terima Alsintan

oleh -57 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM

SANGATTA- Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kutai Timur (DTPHP Kutim) akan memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) kepada para petani buah Nanas di desa Himba Lestari Kecamatan Batu Ampar.

Kepala Dinas DTPHP Kutim melalui Kepala Bidang Holtikultura Wahyudi Noor ditemui awak media di ruang kerjanya mengatakan, bantuan tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan produktifitas hasil pertanian khusunya buah nanas asal desa Himba Lestari yang di kenal memiliki rasa yang lebih segar.

“Kami (DTPHP Kutim) akan berkolaborasi dengan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura provinsi Kalimantan Timur untuk mensupport para petani kita, dan Insya Allah tahun depan kita realisasikan,” ujarnya.

Adapun alsintan yang di maksud yudi sapaan akrab Wahyudi Noor ini berupa, alat panen, pembuatan bangsal (gudang) serta alat pasca panen yang bisa menghasilkan produk turunan dari buah dengan nama latin Ananas comosus itu.

Selain bantuan alsintan, dukungan lain juga akan diberikan kepada para petani diantaranya pendampingan yang secara inten oleh para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam pengelolaan tanaman buah nanas, mulai dari persiapan lahan yang akan di tanam hingga proses panen termasuk pengolahan produk turunanya.

“Mereka sebagai bagian dari ujung tombak perekonomian masyarakat, memang akan terus kita dorong agar lebih produktif salah satunya ddengan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan berdaya saing, khusunya buah nanas,” pungkasnya. (ADV/G-S08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *