Profil 4 Astronot AS, Rusia, UEA yang Tiba dengan Selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional

oleh -42 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM.COM – Kapsul SpaceX yang membawa Crew Dragon-6 telah tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Dua astronot asal Amerika Serikat (AS), seorang kosmonot Rusia, dan seorang astronot dari Uni Emirat Arab (UEA) kini bersiap memulai misi sains enam bulan mereka.

Menurut Al Jazeera, pesawat luar angkasa yang diberi nama Endeavour itu merapat ke stasiun luar angkasa pada Jumat (3/3/2023) pukul 06.40 waktu setempat.

Pesawat tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center NASA, Cape Canaveral, Florida, AS, dan perjalanan memakan waktu 25 jam.

Hal ini dikonfirmasi ketika ISS dan kapsul terbang bersama dengan kecepatan 28.164 km/jam (17.500 mil per jam) sekitar 240 km (250 mil) di atas Bumi di atas pantai Afrika Timur, menurut siaran langsung NASA. Tangkapan layar selebaran ini milik NASA Television menunjukkan anggota misi SpaceX Dragon Crew-6 (berwarna biru) Komandan Stephen Bowen (kiri), Spesialis Misi Sultan Alneyadi dari Uni Emirat Arab (tengah), Spesialis Misi Roskosmos Andrey Fedyaev (2 kanan) dan Pilot. Warren “Woody” Hoburg (kanan) saat disambut di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 3 Maret 2023. Kapsul awak Naga yang dijuluki Endeavour kemudian merapat ke ISS pada pukul 01.40 (0617 GMT) pada 3 Maret 2023 . Pelayaran 24 jam. (NASA TV/AFP)

Tim beranggotakan empat orang ini bertugas melakukan lebih dari 200 eksperimen dan demonstrasi teknologi di stasiun luar angkasa.

Mulai dari meneliti pertumbuhan sel manusia di luar angkasa hingga mengendalikan bahan yang mudah terbakar dalam gayaberat mikro.

“Beberapa penelitian akan membantu membuka jalan bagi ekspedisi manusia jangka panjang ke Bulan dan sekitarnya di masa depan sebagai bagian dari program Artemis NASA, penerus Apollo,” kata NASA.

Misi ini, yang diberi nama Crew 6, menandai awak ISS jangka panjang keenam yang diterbangkan SpaceX untuk NASA.

Perusahaan roket swasta ini didirikan oleh miliarder Elon Musk dan mulai mengirim astronot Amerika ke orbit pada Mei 2020.

Seperti diketahui, Elon Musk merupakan CEO produsen mobil listrik Tesla.

Berikut profil astronot SpaceX yang baru saja tiba dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS):

1. Astronot Amerika Stephen Bowen

Stephen Bowen, 59, adalah pensiunan perwira kapal selam Angkatan Laut AS yang menghabiskan lebih dari 40 hari di orbit, seorang veteran dari tiga penerbangan pesawat ulang-alik dan tujuh perjalanan luar angkasa.

2. Astronot Amerika Warren “Woody” Hoburg

Rekan astronot NASA Warren “Woody” Hoburg, 37.

Dia adalah seorang insinyur listrik, insinyur komputer dan penerbang komersial yang melakukan penerbangan luar angkasa pertamanya. Tangkapan layar selebaran TV NASA ini menunjukkan spesialis misi SpaceX Dragon Crew-6 Andrey Fedyaev dari Roskosmos (kiri), pilot Warren “Woody” Hoburg (kedua dari kiri), komandan Stephen Bowen (kedua dari kanan), dan spesialis misi Sultan Alneyadi dari Amerika Uni Emirat Arab (kanan) melambaikan tangan dari dalam pesawat ruang angkasa Dragon Endeavour menjelang jadwal peluncurannya di Kennedy Space Center NASA di Cape Canaveral, Florida, 1 Maret 2023. Roket SpaceX Falcon 9 akan lepas landas. pada upaya keduanya untuk lepas landas ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, ia membawa dua astronot NASA, seorang kosmonot Rusia dan yang kedua dari Uni Emirat Arab, untuk bernavigasi di luar angkasa. (NASA TV/AFP)

3. Astronot UEA Sultan al-Neyadi

Misi Crew 6 juga terkenal karena melibatkan astronot UEA Sultan al-Neyadi, 41.

Dia adalah orang kedua dari negaranya yang terbang ke luar angkasa dan orang pertama yang diluncurkan dari Amerika Serikat sebagai bagian dari tim jangka panjang stasiun luar angkasa.

4. Kosmonot Rusia Andrey Fedayev

Awak empat orang 6 diselesaikan oleh kosmonot Rusia Andrey Fedayev (42).

Seperti al-Neyadi, dia adalah seorang insinyur dan pendatang baru di bidang penerbangan luar angkasa yang dinobatkan sebagai spesialis misi tim.

Fedayev adalah kosmonot kedua yang terbang dengan pesawat luar angkasa Amerika.

Setibanya di sana, kru bersiap untuk melakukan serangkaian pemeriksaan kebocoran standar dan memberi tekanan pada saluran antara kapsul dan ISS sebelum membuka port di dalam stasiun luar angkasa.

Kru 6 akan menyambut tujuh penghuni ISS saat ini di stasiun luar angkasa – tiga anggota kru NASA, termasuk Komandan Nicole Aunapu Mann bersama dengan tiga astronot Rusia dan Jepang.

Ketujuh orang tersebut diharapkan menyelesaikan misi mereka dan meninggalkan stasiun luar angkasa bulan ini.

Empat orang akan kembali dengan SpaceX Dragon yang memasuki orbit pada Oktober 2023.

Sementara itu, tiga lainnya akan kembali ke rumah dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, yang dibawa dalam keadaan kosong ke ISS minggu lalu untuk menggantikan kebocoran cairan pendingin saat merapat ke stasiun tersebut pada Desember 2022.

(INFOKUTIM.COM.com/Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *