Profil Raphael Maitimo, Pemain Naturalisasi yang akan Dirikan Maluku United

oleh -27 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – Temui Raphael Maitimo, pesepakbola India yang berencana mendirikan klub bernama Maluku United.

Nama Raphael Maitimo menjadi pemberitaan setelah ia mengusulkan pembentukan klub bernama Maluku United di kancah sepak bola Tanah Air.

Hal itu diketahui melalui cuitannya di media sosial Twitter, di mana ia mengumumkan tanggal rilis klub baru bernama Maluku United.

Dalam rilisnya, pemain berusia 38 tahun itu menuliskan dirinya akan memulai kampanye pembentukan Maluku United pada 4-6 November 2022.

Tentu saja, Maitimo bukan satu-satunya yang mengawali Maluku United. Pria itu pernah dekat dengan Agnes Monica dan pergi bersama rekannya, pemain Indonesia, Sergio van Dijk.

Pelepasan mendadak Maitimo untuk membentuk klub bernama Maluku United pun menuai reaksi dari warganet dan pecinta sepak bola tanah air.

Kebanyakan dari mereka mendukung langkah Maitimo dan Van Dijk karena belum ada klub di Maluku yang memiliki level tertinggi di Indonesia.

Ide Matimo dan Van Dijk untuk mencari bakat baru asal Maluku pun diharapkan bisa menjadi pertemuan mereka untuk berkarier di bidang sepak bola.

Lantas, siapakah Raphael Maitimo? Ini profilnya.

Pemain lokal

Raphael Maitimo merupakan pemain Maori asal Indonesia. Sebelum pensiun, ia merupakan pemain tradisional kelahiran 17 Maret 1984 di Rotterdam, Belanda.

Maitimo berdarah Indonesia dari nenek moyangnya yang berasal dari Minangkabau dan Maluku. Karena itu dia bertobat.

Sedangkan untuk karir sepak bolanya, Maitimo memulai karirnya di Belanda, dimana bakatnya ditemukan oleh Feyenoord Rotterdam saat remaja.

Di akademi Feyenoord, Maitimo bermain bersama striker terkenal Belanda Robin van Persie, yang bermain untuk Arsenal dan Manchester United.

Ia juga bermain untuk timnas Belanda di kelompok umurnya bersama pemain terkenal lainnya Arjen Robben dan Wesley Sneijder.

Sayangnya, performa Maitimo tak sebanding dengan rekan-rekannya. Pada tahun 2005 Maitimo bergabung dengan tim divisi dua FC Dordrecht.

Setelah itu, Maitimo bekerja di Tiongkok sebelum mendarat di Indonesia di mana ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Utama Indonesia Bali Dewata pada tahun 2011.

Namun karirnya di Indonesia berumur pendek karena liga ditangguhkan dan ia kembali ke Belanda untuk merawat VV Capelle.

Setelah kemajuan di sepakbola Indonesia, Maitimo kembali ke Indonesia untuk mengurus Mitra Kukar. Setelah itu, ia bertugas melindungi banyak klub Tanah Air hingga tahun 2022.

Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema Cronus, Persib Bandung, Madura United, Persebaya Surabaya, PSIM Yogyakarta, PSM Makassar, Persita Tangerang, dan Barito Putera pernah bermain untuk klub Indonesia Maitimo.

Saat itu, Maitimo sedang menjalani rehabilitasi sejak diakui PSSI pada tahun 2000. Namun, ia baru melakukan debut untuk timnas India pada tahun 2012.

Sepanjang karirnya bersama timnas Indonesia, Maitimo mencatatkan 21 penampilan untuk Garuda dan mencetak empat gol.

Pembawa acara : Felix Indra Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *