Psikolog: Kelola Stres Setiap Hari untuk Redakan Emosi

oleh -55 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Psikolog klinis Nirmala Ika Kusumaningrum, lulusan Universitas Indonesia, mengatakan manajemen stres merupakan salah satu cara meredam emosi yang harus terus dilakukan setiap hari. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mudah emosi ketika dihadapkan pada situasi yang tidak sesuai ekspektasi.

“Kalau tidak terbiasa menghadapinya, mudah meledak atau roboh dalam situasi seperti itu. Kalau tidak normal sebaiknya dilakukan setiap hari,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (24/4/2024).

Nirmala mengatakan, biasanya seseorang mengelola emosinya dengan melakukan sesuatu agar lebih energik dan merasa rileks. Namun, stres seringkali bisa diatasi dengan melakukan sesuatu yang berdampak negatif pada kesehatan, seperti merokok, menggunakan obat-obatan terlarang, atau makan terlalu banyak.

Hal ini hanya menghilangkan stres sementara dan menimbulkan masalah kesehatan baru yang bisa bertambah parah.

“Sebaiknya cari cara lain untuk mengurangi stres yang memiliki efek jangka panjang yang lebih baik, seperti olahraga, meditasi, penjurnalan, latihan pernapasan, atau latihan mindfulness. Ini adalah hal-hal yang bisa kita pelajari secara perlahan untuk mengatasi stres,” ujarnya.

Nirmala juga mengatakan, sebaiknya hindari menghilangkan stres dengan menonton serial drama di ponsel atau gawai dalam waktu lama karena membuat tubuh tidak bisa bergerak dan radiasi gawai tidak menyenangkan bagi tubuh, yang pada akhirnya menimbulkan stres baru.

“Kalau perlu usahakan menonton film seperti di bioskop dengan durasi film yang lebih pendek dan usahakan ke bioskop,” ujarnya.

Cara lain untuk mengelola stres dengan cara yang sehat adalah melalui sentuhan, seperti teknik menenangkan dengan memegang jari atau refleksi untuk meredakan ketegangan.

“Sebenarnya sentuhan bisa membantu menurunkan ketegangan, jadi ada teknik yang bisa dilakukan, termasuk memegang jari, tapi perlu latihan,” kata Nirmala.

Psikolog dari Enlightmind, penyedia layanan kesehatan holistik, juga mengatakan, idealnya masyarakat akan mengalami stres hingga tiga bulan. Jika memakan waktu lebih lama dan rasa stres tidak kunjung berkurang, sebaiknya segera dicari bantuan profesional agar tidak menimbulkan gangguan psikologis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *