PSSI Naturalisasi Pemain Lagi, Lalu Mara: Sepakbola Itu Proses Bukan Jalan Pintas

oleh -100 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM – PSSI pun tengah membina timnas Indonesia jelang Piala Asia Qatar 2023. Terbaru, pemain yang ‘dikonversi’ menjadi kewarganegaraan Indonesia adalah bek Justin Hubner dan prosesnya akan segera selesai.

Selain Justin Hubner, saat ini ada tiga pemain yang sedang dalam proses naturalisasi untuk bisa membela timnas Indonesia. Ketiga pemain tersebut adalah Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen.

Nama-nama tersebut menambah panjang daftar pemain kelahiran PSSI. Yang pertama ada Marc Klok, Jordi Amat, Rafael Struick, Shayne Pattynama, Sandy Walsh dan lainnya.

Melihat situasi tersebut, mantan Ketua Pelita Jaya Lalu Mara Satriawangsa menilai naturalisasi merupakan jalan pintas yang diambil PSSI.

Menurutnya, hal tersebut menghilangkan peluang pemain lokal untuk memperkuat timnas Indonesia. Lalu Mara seharusnya mengatakan bahwa acara ini akan merugikan fans Indonesia.

“Naturalisasi itu jalan pintas, tapi juga butuh tindakan. Kalau banyak pemain yang memberi kesempatan pemain lokal tersesat, lalu apa gunanya latihan? Kenapa orang-orang ini gila?” Pesepakbola membuat SSB dan klub, tapi pada mereka akhirnya melakukannya secara alami,” kata Lalu Mara.

Meski demikian, Lalu Mara menegaskan dirinya tidak pengecut terhadap program alam. Namun, dia menyarankan agar PSSI fokus pada pembinaan anak usia dini dengan cara tersebut

“Saya tidak menentang alam, tapi tidak semua orang memiliki alam, dibutuhkan pembangunan jangka panjang dan sepak bola adalah sebuah proses, bukan jalan yang pendek,” ujarnya.

Program naturalisasi yang baru-baru ini dilakukan PSSI memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal itu dilakukan atas permintaan Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mendukung prestasi Timnas Indonesia.

Namun sejauh ini normalisasi pemain belum banyak berdampak pada timnas Indonesia. Namun sisi baiknya, Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2024. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan diambil sumpah kewarganegaraan Indonesianya besok. Penumpang Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On akan diambil sumpah kewarganegaraan Indonesia (WNI) Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *