Puskesmas di Pinggir Jalan Lintas Sumatera Siaga 24 Jam Selama Libur Natal

oleh -42 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Beberapa Puskesmas yang terletak di pinggir Jalan Trans Sumatera (Jalinsum) bersiaga 24 jam sehari untuk memberikan pelayanan kepada warga yang bepergian saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala Dinas Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo mengatakan, tujuh dari 17 Puskesmas yang berada di pinggir jalan Jalinsum di kawasan itu disiagakan. Ketujuh puskesmas tersebut adalah Kecamatan Air Rami, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko dan Lubuk Pinang.

“Pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, tenaga kesehatan tetap bekerja di dua titik pengamanan dan pelayanan, serta puskesmas pinggir jalan tetap siaga mogok selama 24 jam,” kata Bustam, dilansir Antara.

Selain itu, Bustam mengatakan pihaknya, selain menjalankan tugas di puskesmas setempat dan berjaga di tempat wisata yang dipenuhi wisatawan, juga akan memimpin petugas mogok kerja.

Menurut dia, tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat musim Natal antara lain Danau Nibung dan Bendungan Manjuto.

“Teman-teman dinas kesehatan yang bertugas saat bisul hadir untuk berjaga-jaga dan memberikan layanan kesehatan kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain menyiagakan puskesmas di jalan nasional dan seluruh puskesmas di jalan kabupaten dan provinsi, pihaknya juga siap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kurang lebih jika dihitung dari beberapa puskesmas, kami menyiagakan 60 nakes yang bekerja secara shift,” ujarnya.

Operasi ini, kata Bustam, dilakukan setiap tahun dan juga bekerja sama dengan aparat kepolisian dan perhubungan di dua titik pelayanan dan titik pengamanan.

Bustam menambahkan, petugas kesehatan di Puskesmas Penarik dan Puskesmas Mukomuko bertugas memberikan pelayanan kesehatan di dua titik pelayanan dan perlindungan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *