QRIS Cross-Border Jadi Solusi Praktis Pembayaran di Luar Negeri

oleh -116 Dilihat
oleh

JAKARTA – Saat ini QRIS tidak hanya terbatas di Indonesia saja, terdapat teknologi QRIS Cross-Border (Intercountry) yang dirancang untuk mendukung sistem pembayaran lintas negara, khususnya di kawasan ASEAN. Melalui QRIS jenis ini, pelanggan dapat bertransaksi menggunakan kode QR di Thailand dan Malaysia, yang rencananya akan diperluas ke negara Asia lainnya.

Bank Mega merupakan salah satu lembaga keuangan terkemuka di Indonesia yang kini menggunakan QRIS Interstate sebagai inovasi terbarunya. Hal ini memungkinkan nasabah Bank Mega untuk dengan mudah melakukan transaksi QRIS melalui aplikasi seluler M-Smile saat bepergian ke Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Apa itu QRIS Antar Negara?

QRIS Antarnegara adalah sistem pembayaran QR yang menghubungkan negara-negara dengan perjanjian kerja sama yang memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran lintas batas. Pelanggan yang berlibur di Thailand, Malaysia, dan Singapura cukup membayar dengan memindai kode QR dari merchant di negara tersebut.

Dengan demikian, pelanggan tidak perlu menukarkan rupee ke mata uang negara tujuan. Selain latihan, transaksi lintas negara melalui QRIS melalui aplikasi M-Smile otomatis dikonversi menjadi Rs.

Diza Laurenti, Wakil Direktur Bank Mega, menjelaskan tujuan fitur ini adalah untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran lintas batas negara menjadi lebih cepat, praktis, dan aman.

Keunggulan QRIS Antar Negara

Berikut beberapa keunggulan Cross Border QRIS yang tersedia di Thailand, Malaysia, dan Singapura:

1. Pembayaran langsung tanpa penukaran mata uang

Dengan menggunakan QRIS Antar Negara, pelanggan dapat membayar langsung tanpa harus mengkonversi ke mata uang asing. Cukup dengan scan sederhana menggunakan M-Smile, Anda dapat menggunakan dana tabungan rupee karena transaksinya dapat otomatis dikonversi ke mata uang negara secara real time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *