Ramai Keluhan Susah Perpanjang STR Seumur Hidup via Online, Ini Respons Kemenkes

oleh -77 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, Jakarta – Petugas kesehatan dan tenaga kesehatan sepertinya kesulitan menggunakan STR life extension secara online. Surat Tanda Registrasi Seumur Hidup (STR) dapat diperpanjang melalui portal SATUSEHAT SDMK.

Ada keluhan dari dokter dan tenaga kesehatan di media sosial yaitu tidak bisa mengklik kolom aplikasi STR seumur hidup, diminta mendownload STR namun tidak bisa masuk informasi profil atau tiba-tiba blank. Bahkan ada yang harus menunggu lebih dari tiga minggu untuk verifikasi tanda tangan elektronik.

Siti Nadia Tarmizi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), mengatakan proses persetujuan STR seumur hidup berjalan dengan baik.

“Proses pengajuan STR seumur hidup saat ini dilakukan melalui API – akses kode – pertukaran informasi dengan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI),” kata Nadia Health Liputan6 mengamini. .com segera. segera.

“Karena kumpulan datanya berbeda, terkadang masih ada data yang tidak standar.” Meningkatkan pemrosesan data

Akses data yang belum terstandar berarti proses akses data pada portal SATUSEHAT SDMK terus ditingkatkan.

“Kami terus meningkatkan infrastruktur dan pengolahan data antara KKI dan KTKI serta portal SATUSEHAT SDMK,” tambah Nadia.

Pada portal SATUSEHAT SDMK Kementerian Kesehatan menyediakan tiga saluran layanan rujukan khusus (referral service) bagi tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan yang mengalami kendala dalam pengurusan perpanjangan STR semasa hidupnya.

“Untuk layanan rujukan saat ini, kami membuat tiga jalur utama. Pertama, layanan rujukan Departemen Kesehatan Umum. Kedua, layanan rujukan KKI. Ketiga, layanan rujukan KTKI,” jelas Siti Nadiya Tarmizi.

Secara terpisah, Direktorat Jenderal Transformasi Digital (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Setiaji menjelaskan, penerbitan STR vital melalui portal SATUSEHAT SDMK telah dilaksanakan secara bertahap.

Masalahnya ada pada cara data diproses saat ini.

Saat diwawancarai di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu, 13 Desember 2023, Setiaji mengatakan kepada Health INFOKUTIM.COM, “Kami memperkenalkan STR secara bertahap. Kurang lebih ada beberapa persyaratan. Ada yang sedang dikembangkan dan diperluas.

“Sebenarnya kami sudah banyak mengeluarkan STR, tapi prosesnya lambat.” Jumlah pendaftar yang menyerahkan STR

Berdasarkan informasi Kementerian Kesehatan RI pada 19 Desember 2023, total tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan yang terdaftar pada aplikasi STR portal SATUSEHAT SDMK sebanyak 370.578 orang. Rinciannya antara lain: Tenaga medis: 25.174 Tenaga medis: 276.293 Tenaga penunjang: 2.878 Data tidak lengkap/tidak lengkap: 66.233

Jumlah tenaga medis dan tenaga kesehatan yang ditanggung asuransi kesehatan seumur hidup adalah 200.342 orang. Keterangan: Disampaikan KKI/KTKI: 69.050 Disampaikan Portal SATUSEHAT SDMK: 131.292 (43,55 persen pendaftar SATUSEHAT SDMK terdaftar)

Portal SATUSEHAT SDMK merupakan portal yang disediakan Kementerian Kesehatan untuk memusatkan dan mengkonsolidasikan seluruh informasi tentang tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan di Indonesia.

Melalui portal ini, Ariyanti Anaya, Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, mengatakan bahwa sumber daya manusia kesehatan secara berkala dapat mempelajari dan memperbarui informasi pribadi dan profesionalnya untuk memudahkan pelayanan kesehatan.

Sebelum memproses STR seumur hidup, tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan harus terlebih dahulu memperbaharui atau memperbaharui informasi yang ada di website Dewan Tenaga Kesehatan Indonesia (KTKI) atau website Dewan Kesehatan Indonesia (KKI), jelas sapaan akrab Ade dalam keterangan resmi. , Senin (18.12.2023).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *