Resmi Beroperasi Kembali, Ini Beda TikTok Shop Dulu dan Kini

oleh -124 Dilihat
oleh

INFOKUTIM.COM, JAKARTA – Setelah dua bulan lebih ditutup, TikTok Shop kembali dibuka di Indonesia. Peluncuran kembali ini membawa sejumlah perubahan dan peningkatan pada pengalaman pengguna. Berikut beberapa perbedaan TikTok Shop sebelumnya dengan versi baru ini:

1. Perencanaan dan navigasi

Sebelumnya, fitur TikTok Shop langsung terlihat di bagian bawah menu. Namun, pengguna harus masuk ke profil terlebih dahulu untuk mengaksesnya. Peluncuran baru ini menandai fitur “Belanja” atau Tab Shopee yang membawa pengguna ke halaman “Kemitraan Pemberdayaan UMKM Indonesia” dengan logo TikTok Shop dan Tokopedia.

2. Transaksi pembayaran

Meski ada perubahan tampilan dan navigasi, pembayaran tetap dilakukan di aplikasi TikTok yang sama. Pelanggan dapat langsung mengetuk fitur TikTok Shop dan memilih “Pasar Produk” untuk membeli.

3. Kerjasama dengan Tokopedia

TikTok Shop kini bermitra dengan Tokopedia dan menjadi bagian dari grup GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dengan nilai investasi sekitar Rp 23 triliun. Kemitraan ini bertujuan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi digital dan memiliki program “Beli Lokal” untuk mendukung UMKM Indonesia.

4. Antarmuka aplikasi TikTok

Aplikasi TikTok memiliki antarmuka baru yang menampilkan kolaborasi dengan Tokopedia di layar beranda. Halaman yang mirip dengan antarmuka aplikasi Tokopedia dapat diakses tanpa keluar dari aplikasi TikTok.

5. Spanduk dan informasi

Terdapat banner “Toko – Tokopedia” atau “Tokopedia – Toko” di aplikasi TikTok dan Tokopedia, terlihat di Shoptab secara langsung dan video. Informasi produk GoTo Group seperti Midtrans dan GoPay ditampilkan sebagai mitra premium/broker pembayaran.

6. Program “Beli Lokal”.

TikTok Shop kini memiliki program ‘Beli Lokal’ sebagai inisiatif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dengan memberdayakan UMKM lokal. Aplikasi ini memungkinkan pengguna TikTok dan Tokopedia untuk membeli produk lokal favoritnya dari berbagai jenis toko atau outlet.

7. Opsi pembayaran

TikTok Shop terus menawarkan berbagai metode pembayaran seperti OVO, GoPay, Dana, Cash on Delivery (COD), Transfer Bank, dan Kartu Kredit/Debit. Pengguna dapat membayar langsung melalui aplikasi TikTok dengan berbagai pilihan pembayaran.

Meski ada beberapa perubahan tampilan dan fitur, namun pengalaman berbelanja di TikTok store tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Program “Beli Lokal” menjadi tambahan yang menarik, memungkinkan pengguna untuk turut serta mendukung UMKM Indonesia melalui platform ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *