Rizal Ramli Meninggal, Sederet Tokoh Ekonomi Kenang dan Ungkapkan Duka Mendalam

oleh -22 Dilihat
oleh

Laporan jurnalis INFOKUTIM.COM.com, Ismoyo

INFOKUTIM.COM.COM, Jakarta – Mantan Menteri Kelautan dan Sumber Daya RI Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (1 Februari 2024) sekitar pukul 19.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima, Bapak Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangungkusumo (RSCM) Jakarta.

Rizal Ramli meninggal pada usia 69 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan staf Rizal Ramli Tori Wibowo Santoso melalui akun media sosialnya X @TeguhTimurCom.

Inna Lilahi adalah Inna Elaihi Rajun. Teman sekaligus guru kami, dr Rizal Ramli, meninggal dunia pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di RS Ciputo Mangunkusumo, katanya, dikutip Selasa (1 Februari 2023). ).

Insya Allah amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Amin,” lanjutnya. Banyak tokoh bisnis terkemuka menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya.

Meninggalnya Rizal Ramli disambut baik oleh semua pihak, termasuk para pakar ekonomi yang tentunya paham betul dengan perbuatan almarhum.

Muhammad Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), mengungkapkan, ia mengenal baik Rizal Ramli sejak ia masih berstatus pelajar.

Menurut Chatib, Rizal adalah seorang ekonom ulung.

Bahkan, ia selalu memberikan pendapatnya kepada pemerintah melalui serangkaian kritik dan saran yang sangat “membakar”.

“Saya kenal Rizal sejak saya masih mahasiswa. Beliau adalah seorang ekonom yang brilian dan aktivis yang ulet. Saat saya di pemerintahan, kritiknya tidak main-main,” kata Chatib melalui akun media sosial pribadinya. Milikmu.

Tapi kita tahu itu perlu untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat tinggal Van Rizal. Ini kerugian besar bagi Indonesia, lanjutnya.

Sementara itu, mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Saeed Didu juga menyampaikan belasungkawa.

Ia pun menganggap Rizal Ramli adalah sosok yang terus berjuang sekuat tenaga hingga meninggal dunia demi negaranya.

“Inna Lilahi Inna Ilayhi Rojiun. Di Masjidil Haram, saya mendengar kabar mengejutkan bahwa dr Rizal Ramli meninggal dunia di Jakarta pada pukul 19.30 WIB,” kata Said dalam keterangan tertulis di media sosial pribadinya.

“Kalian akan berjuang sampai akhir hayat. Bahkan di masa pandemi virus corona, kita tetap bicara. Selamat tinggal Ban RR, perjuangan kalian akan kita lanjutkan. Al-Fatiha,” ujarnya.

Belakangan, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Justinus Plastowo mengungkapkan, Pak Rizal Ramli merupakan salah satu ekonom senior yang kerap mengkritik pemerintah.

Hal ini terlihat dari banyaknya gagasan yang seringkali berseberangan dengan pemerintah. Meski demikian, Plastow meyakini tujuan Rizal Ramli adalah demi kebaikan negara.

“Saya turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Ban Rizal Ramli. Semoga beliau mendapat tempat yang terbaik di mata Tuhan,” tulis Plastow di akun media sosialnya.

Meski terkadang berbeda pendapat, namun kejujuran, keuletan, dan kecintaannya pada Indonesia patut dikenang dan ditiru. Selamat tinggal saudara, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *